Banjir Tahunan Kembali Landa Sawah Ciganjeung Pangandaran

12/02/2014 0 Comments
Banjir Tahunan Kembali Landa Sawah Ciganjeung Pangandaran

Areal Sawah di wilayah Ciganjeung Padaherang kembali terendam banjir. Photo : Entang/ HR

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, membuat debit air sejumlah anak sungai yang bermuara ke Citanduy meninggi. Akibat bertambahnya debit air Sungai Citanduy itu, sejumlah areal pesawahan terendam banjir, Selasa (11/02/2014). Sebab, aliran air sungai berbalik arah, lantaran posisi sungai lebih tinggi.

Ratusan hektar sawah milik para petani yang berada di Blok Koar, Dusun Cihideung, Desa Ciganjeung, Kecamatan Padaherang, kembali terendam banjir tahunan yang kerap melanda daerah tersebut. Kini para petani hanya bisa pasrah dengan kondisi mereka alami.

Sebelumnya, ratusan hektar sawah  tersebut sudah digarap dan ditanami benih padi. Kini, benih padi yang sudah ditanam petani tidak bisa lagi terlihat karena terendam banjir. Yang ada, hanyalah hamparan air yang mengenangi areal sawah milik para petani.

Menurut petani asal Ciganjeung, Acim, banjir yang melanda kawasan itu merupakan banjir tahunan. Setiap musim penghujan, tanaman padi selalu terendam air. Bahkan saat ini ketinggian air mencapai 70 cm. Jika intensitas hujan terus menerus dalam jangka waktu dua minggu, areal pesawahan di blok Liposos bisa dipastikan ikut terendam.

Acim berharap, Pemerintah Kabupaten Pangandaran mau menangani banjir tahunan yang kerap terjadi di wilayah Desa Ciganjeung tersebut. Karena kondisi ini, petani hanya bisa menikmati hasil sawahnya satu kali dalam setahun, itupun jika tidak ada hujan. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply