Ciamis Dapat Bantuan Program PNPM Rp. 27 Milyar

Ciamis Dapat Bantuan Program PNPM Rp. 27 Milyar

Photo : Ilustrasi/ Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tahun 2014 Kabupaten Ciamis mendapat alokasi dana bantuan dari program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MPd) dan PNPM Integrasi sebesar Rp. 27 Milyar. Hal itu dikatakan Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Dian Budiyana, kepada HR, Selasa, (04/02).

Menurut Dian, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja kepada masyarakat miskin di perdesaan dengan mendorong kemandirian dalam mengambil keputusan dan pengelolaan pembangunan.

Program dari alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) tahun 2014 ini, terdiri dari PNPM Mandiri Perdesaan dan PNPM Integrasi yang berasal dari APBN dan juga APBD. Untuk BLM APBN Kabupaten Ciamis mendapat alokasi sebesar Rp. 23, 5 Milyar dan dari BLM APBD sebesar Rp. 1,3 Milyar. Sementara dari bantuan PNPM Integrasi mendapat sebesar Rp. 4 Milyar yang berasal dari BLM APBN Rp. 3 Milyar dan dari BLM APBD Rp. 1 Milyar.

Menurut Dian, dana bantuan tersebut  diperuntukan bagi 26 kecamatan Se- Kabupaten Ciamis. Sedangkan program PNPM reguler diperuntukan bagi 24 kecamatan.

“Masing-masing Kecamatan akan mendapat bantuan BLM PNPM Pedesaan dan PNPM Integrasi  dengan porsi bantuan yang berbeda-beda. Dari mulai Rp. 1,35 Milyar sampai yang terendah sebesar Rp. 600 juta, ujarnya.

Dana BLM PNPM tersebut  dialokasikan untuk masing-masing desa penerima. Yaitu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, baik berupa pembangunan fisik maupun untuk bantuan usaha ekonomi masyarakat.

”Hal ini sebagai upaya mendorong masyarakat dalam pembangunan di desanya. Selain itu juga hal ini untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuhkan nilai-nilai  gotong royong,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles