Di Pangandaran, Hektaran Sawah Diserang Hama Jamur Merah

13/02/2014 0 Comments
Di Pangandaran, Hektaran Sawah Diserang Hama Jamur Merah

Seorang petani saat melakukan penyemprotan tanaman padi yang diserang hama. Photo : Entang/ HR

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Ratusan hektar tanaman padi di Blok Munjul dan Bajul Desa Cibogo, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, diserang cercospora atau hama jamur merah. Hama ini menyerang bagain daun dan batang padi. Akibatnya, tanaman padi mati dan tidak berbuah.

Gara-gara kondisi tersebut, produksi padi petani mengalami penurunan cukup drastis. Bahkan sebagian petani tidak bisa menikmati hasil panen. Petani di Desa Cibogo saat ini hanya bisa gigit jari melihat tanaman padi milik mereka mati.

Informasi yang berhasil dihimpun HR, dari Kepala Desa Cibogo, Tarsim, Senin (10/2/2014), menyebutkan, hampir seluruh area persawahan di Desa Cibogo diserang hama ini. Dia juga memastikan, pada musim panen kali ini petani akan mengalami kegagalan atau puso.

Sawiyo (33), petani Desa Cibogo, mengungkapkan, hampir 99 persen tanaman padi miliknya tidak berbuah alias hapa. Padahal biasanya, perseratus bata petani bisa mendapat sedikitnya 1,2 ton gabah. Sekarang paling untung petani hanya bisa memperoleh 2 kuintal.

Dia berharap, kondisi seperti ini bisa ditangani langsung oleh ahli pertanian. Hama jamur merah yang menyerang tanaman padi, ditambah cuaca yang buruk, membuat produksi padi di wilayah ini anjlok. (ntang/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!