IPSI Kembangkan Potensi Wisata Pencak Silat Pangandaran

03/02/2014 0 Comments
IPSI Kembangkan Potensi Wisata Pencak Silat Pangandaran

Salah satu penampilan pencak silat perguron di Pangandaran, saat pelantikan IPSI Pangandaran. Photo : Madlani/ HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat resmi dilantik. Pelantikan dilakukan langsung oleh Pupuhu IPSI Jabar, H. Daday Hudaya SH,MH, Sabtu (1/2/2014).

Dalam kesempatan itu, Putra Mahkota Kraton Kasepuhan Cirebon, Elang Raja Lukman Zulkaedin, SH, menyatakan bangga saat menghadiri acara yang digelar IPSI Kabupaten Pangandaran.

Elang menilai, potensi seni budaya pencak silat, bisa menjadi ajang olahraga prestasi yang digemari kalangan generasi muda Pangandaran. Selain itu, pencak silat juga dapat dijadikan magnet destinasi wisata baru bagi para wisatawan.

Ketua IPSI Kabupaten Pangandaran, Hendar Suhendar, menuturkan, budaya pencak silat akan dipaketkan dengan sejumlah program pengembangan dan pembenahan kepariwisataan Pangandaran.

Menurut Hendar, IPSI Pangandaran juga menyepakati, tahun depan sedikitnya dua atlet pencak silat Pangandaran bisa tampil di Pekan Olahraga Daerah (Porda), bahkan nasional. Potensi yang akan dikembangkan IPSI, yaitu seni silat pantai.

Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandy, mengatakan, jawara perguron se-Daerah Otonomi Baru (DOB) Pangandaran sudah kembali mengenakan pangsi. Pencak silak bukan sekedar olahraga biasa, karena bisa ditingkatkan menjadi olahraga prestasi.

Kata Endjang, Jawara Pangandaran juga memiliki semboyan ‘saniat, satekad, satujuan’ untuk memajukan Pangandaran sebagai Kabupaten Pariwisata yang mendunia. (Mad/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!