Irigasi Meluap, Hektaran Sawah di Lakbok Ciamis Terendam Banjir

02/02/2014 0 Comments
Irigasi Meluap, Hektaran Sawah di Lakbok Ciamis Terendam Banjir

Dua orang bocah di Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis  tengah melintas di genangan banjir, setelah sungai irigasi di daerah tersebut meluap, Minggu (02/02/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya dalam sepekan ini, menyebabkan sungai irigasi meluap dan menggenangi hektaran persawahan dan perkebunan milik warga, di Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (02/02/2014). Genangan banjir akibat luapan irigasi pun terjadi juga di Desa Sukamulya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis.

Ibrahim (42), warga Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, mengatakan, penyebab banjir diakibatkan dari dangkalnya sungai irigasi yang berada di daerahnya. Dia pun berharap pemerintah segera mengambil langkah dengan melakukan pengerukan terhadap sungai tersebut.

“Sebab, apabila sungai irigasi tersebut tidak dikeruk, jika terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi, maka air akan meluap kembali dan menggenangi areal persawahan milik warga. Bahkan, rumah warga pun terancam ikut terendam, “ terangnya, kepada HR, Minggu (02/02/2014).

Akibat banjir ini,  petani setempat dipastikan merugi puluhan juta rupiah karena tanaman padi gagal panen. Banjir ini juga menyebabkan akses jalan antar desa tergenang banjir hingga ketinggian 30 sentimeter. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!