Jupel dan Kuncen Kembali ke Naungan Disdik Ciamis

28/02/2014 0 Comments
Jupel dan Kuncen Kembali ke Naungan Disdik Ciamis

Photo : Ilustrasi/ Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah 13 tahun berada di bawah kordinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), akhirnya Juru Pelihara (Jupel) dan juru kunci (Kuncen) di berbagai situs budaya Kabupaten Ciamis kembali ke pangkuan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis.

Hal itu menyusul keluarnya Perda 14 Tahun 2013, Tentang Perubahan Ketiga Atas Perda No 17 Tahun 2008 Tentang OPD, yang berlaku pertanggal 2 Januari 2014.

Sekretaris Disdik Ciamis, Drs H. Taufik, Kamis (27/2/2014), di sela acara pelatihan dan pembinaan kebudayaan, bagi Jupel dan Juru Kunci, di Hotel Budi Family, menanggapi positif kembalinya Jupel dan Kuncen ke Disdik Ciamis.

Di tempat yang sama, Kabid Kebudayaan, Drs. Dudung didampingi Kasie Budaya dan Perfilman, Drs. H. Dedi Kusmana, menyebutkan, acara tersebut diikuti oleh 28 Jupel dan 60 Kuncen. Menurut mereka, pihaknya akan menginventarisir permasalahan yang dihadapi Jupel dan Juru Kunci di lapangan.

“Solusinya dengan ditangani dengan program-program,” ungkapnya.

Dudung menambahkan, di era globalisasi saat ini, peran budaya lokal sangat dibutuhkan untuk memperkuat karakter kebangsaan. Intinya, hal itu menjadi upaya untuk menumbuh kembangkan kearifan lokal.( DK/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply