Karang Taruna di Banjarsari Ciamis Budidayakan Ikan di Sungai

23/02/2014 0 Comments
Karang Taruna di Banjarsari Ciamis Budidayakan Ikan di Sungai

Jaring apung yang digunakan Anggota Karang Taruna Desa Sukasari, sebagai media untuk budidaya ikan di Sungai Ciputra Haji. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Banjarsari, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna (Karta) Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ramai-ramai melakukan budidaya ikan di sepanjang Sungai Ciputrahaji.

Bermodalkan Rp. 2 juta, anggota Karang taruna ini membuat jaring apung sebagi media untuk budidaya ikan. Jaring dengan ukuran 3 x 6 meter ini disimpan di sepanjang sungai Ciputrahaji.

Eeng Solihin, anggota Karang Taruna Desa Sukasari, Selasa (18/2/2014), mengatakan, berbagai jenis ikan dibudidayakan oleh anggota. Menurut dia, kegiatan budidaya tersebut merupakan langkah percobaan awal.

“Bila berhasil, budidaya ikan ini akan dilanjutkan,” ungkapnya.

Kaur Ekbang Desa Sukasari, Heru Sarwo, membenarkan, Karang Taruna setempat mencoba melakukan budidaya ikan di Sungai Ciputrahaji. Modal yang digunakan untuk budidaya tersebut murni dari Karang Taruna.

Heru mengaku, pihaknya sampai saat ini baru bisa memberikan dorongan secara moril terhadap upaya yang dilakukan anggota Karang Taruna. Namun begitu, dia berharap, Pemerintah Kabupaten Ciamis, melalui Dinas Peternakan, turun tangan memberikan arahan.

“Mudah-mudahan juga, Pemerintah memberikan bantuan permodalan bagi mereka (Karang Taruna),” pungkasnya. (Ntang/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!