Mahmud Dilantik Jadi Sekda Pertama di Kabupaten Pangandaran

22/02/2014 0 Comments
Mahmud Dilantik Jadi Sekda Pertama di Kabupaten Pangandaran

Penjabat Bupati Pangandaran, DR. H. Endjang Naffandy, saat melantik Mahmud, SH, MH, sebagai Sekda Kabupaten Pangandaran, di Aula Pemkab Pangandaran, di Kecamatan Parigi, Jum’at (21/02/2014). Foto: Madlani/HR

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Setelah hampir 9 bulan kursi Sekretaris Daerah (Sekda) mengalami kekosongan, akhirnya Mahmud, SH, MH, ditetapkan dan dilantik menempati jabatan tertinggi di birokrasi Pemkab Pangandaran tersebut. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Sekda Kabupaten Pangandaran, digelar di Aula Pemkab Pangandaran, di Kecamatan Parigi, Jum’at (21/02/2014).

Terpilihnya Mahmud sebagai Sekda pertama dalam sejarah pemerintahan di Kabupaten Pangandaran, memang sebelumnya sudah diprediksi sejumlah kalangan. Selain seorang pejabat senior, dia pun memiliki rekam jejak baik selama meniti karier sebagai PNS.

Hampir selama 5 tahun menjabat Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan di Pemkab Ciamis, seolah peranan Mahmud sulit tergantikan. Kepiawaiannya di bidang hukum, karena berlatarbelakang pendidikan hukum, dia kerap dipercaya mengkaji sejumlah perundang-undangan sebelum Pemkab Ciamis mengeluarkan kebijakan.

Bahkan, saat pemerintahan di Kabupaten Pangandaran akan dibentuk, setelah ditetapkan menjadi daerah otonom baru, Mahmud pun dipercaya sebagai Ketua Tim persiapan pembentukan pemerintahan di Kabupaten Pangandaran. Maka pantas, pria berumur 55 tahun ini, diberi amanah menempati jabatan Sekda setelah dialihtugaskan dari Pemkab Ciamis ke Pemkab Pangandaran.

Penjabat Bupati Pangandaran, DR. H. Endjang Naffandy, mengatakan, berdasar kepada Undang-undang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, disebutkan bahwa pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten/kota ditetapkan oleh Gubernur atas usul Bupati/Walikota. Dari proses mekanisme tersebut, akhirnya Mahmud terpilih sebagai Sekda Kabupaten Pangandaran.

“Sebelumnya, saya mengajukan 3 calon Sekda kepada Bapak Gubernur dan kemudian dikonsultasikan dengan Menteri Dalam Negeri untuk memberikan penilaian dan persetujuan guna memilih salah satu calon yang memenuhi persyaratan sebagai Sekda,” tutur Enjdang.

Endjang menegaskan, dengan bekal pengalaman di birokrasi dan ditambah ilmu yang cukup, dirinya optimis Mahmud mampu membantu lancarnya tugas bupati.

“Saya pun berharap Sekda mampu menciptakan suasana komunikasi yang baik dengan seluruh jajaran staf. Komunikasi jangan hanya dibatasi oleh suasana formal saja. Sebab, terkadang suasana informal akan mendapatkan hasil koordinasi secara utuh,” katanya.

Dihubungi terpisah, Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Pangandaran, Tatang Mulyana, mengatakan, dengan dilantiknya Sekda definitif, diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan sinergitas dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Kita konsisten menjaga kekompakan dan kebersamaan serta lebih melihat pada kesamaan pandang dari pada perbedaannya,” ujarnya.

Tatang pun optimis, Mahmud mampu menciptakan semangat kerja, disamping memiliki intergritas dan kamampuan dalam mengelola manjemen birokrasi. “Sekda sebagai jabatan strategis yang  mendampingi Bupati dalam melaksanakan tugasnya. Saya yakin, Pak Mahmud mampu memerankan tugasnya dengan baik, “ ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Pangandaran, Mahmud, SH, MH, mengatakan, sebagai PNS dirinya siap menjalankan amanah jabatan sebaik-baiknya. Dia pun meminta dukungan dari semua pihak agar saat menjalankan amanah tersebut bisa berjalan sesuai harapan.

Mahmud menambahkan, program kerja pertama akan lebih menitikberatkan pada peningkatan SDM personil. Karena, Pangandaran sebagai daerah otonom baru, perlu ekstra kerja dengan didukung oleh personil yang mumpuni. Hal itu dimaksudkan agar proses pembangunan pada awal pemerntahan, bisa berjalan dengan baik.

“Insyaallah, dengan dukungan semua pihak serta kekompakan seluruh element, harapan dan cita-cita Kabupaten Pangandaran menjadi daerah maju, bisa terwujud, “ ungkapnya.

Pada saat pelantikan tersebut, tampak hadir sejumlah pimpinan daerah, seperti Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, perwakilan DPRD Kab. Ciamis dari wilayah Pangandaran, Kepala OPD, Camat, Anggota Presidium dan tamu undangan. (Mad/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply