Meriahkan Hari Jadi Banjar, Desa Cibeureum Siapkan Manuk Janur

20/02/2014 0 Comments
Meriahkan Hari Jadi Banjar, Desa Cibeureum Siapkan Manuk Janur

Kendaraan hias berupa Manuk Janur atau biasa disebut Manur, hasil kreasi masyarakat Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, akan ikut memeriahkan acara helaran seni dalam rangka memeriahkan HUT Kota Banjar ke-11. Foto: Abdulloh Muklis/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Antusias masyarakat Desa Cibeureum, Kecamatan/Kota Banjar untuk ikut andil dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Banjar ke-11 sangat tinggi. Mereka rela begadang selama dua malam membuat kendaraan hias berupa Manuk Janur.

Kendaraan yang sudah dihias itu akan diikut sertakan dalam kegiatan helaran seni pada upacara HUT Kota Banjar yang akan digelar hari Kamis (20/02/2014), bertempat di Taman Kota Lapang Bhakti.

Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, mengatakan, kendaraan hias berupa Manuk Janur (hiasan burung dari daun janur kelapa-Red), sengaja dibuat untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat agar tidak melupakan tradisi jaman dulu.

“Manuk Janur atau biasa disebut Manur ini dulunya biasa digunakan oleh anak-anak yang mau dikhitan, atau peperan bagi anak perempuan. Mereka suka diarak naik Manur keliling kampung. Tradisi seperti ini jangan sampai hilang, makanya masyarakat di sini berinisiatif membuat Manur untuk helaran seni nanti,” katanya, kepada HR, Selasa (18/02/2014).

Menuurt Yayan, di jaman sekarang Manur memang kelihatannya unik. Namun, bahan-bahan untuk membuat hiasan tersebut masih mudah didapat. Pihaknya pun mengaku salut kepada masyarakat Desa Cibeureum yang berinisiatif ingin memunculkan lagi budaya yang kini sudah hampir punah di masyarakat.

“Dengan dibuatnya hiasan Manur ini, masyarakat bisa bernostalgia mengenang saat masa kecilnya dulu. Kami salut kepada masyarakat Cibeureum yang sudah mau bergotong-royong dan memiliki semangat tinggi. Mereka dengan suka rela membuat Manur,” ujarnya.

Selain itu, Yayan juga mengatakan, pada kegiatan HUT Kota Banjar ke-11 tahun ini, Desa Cibeureum berhasil meraih juara I dalam lomba pasanggiri rampak sekar yang telah dilaksanakan hari Senin (17/02/2014), di Graha Banjar Idaman (GBI).

Prestasi yang telah dirai itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Desa Cibeureum. Dengan kekompakan dan gotong-royong yang terjalin sehingga banyak membuahkan hasil, dimana Desa Cibeureum selalu masuk nominasi di beberapa event dengan meraih kesuksesan yang gemilang.

“Kami tentunya mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Cibeureum atas partisipasinya. Karena semua itu untuk kemajuan Desa Cibeureum juga,” pungkasnya. (AM/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!