Museum Bersejarah di Ciamis Luput dari Perhatian

09/02/2014 0 Comments
Museum Bersejarah di Ciamis Luput dari Perhatian

Museum Galuh yang berada di Desa Imbanagara Kabupaten Ciamis. Ini adalah salah satu museum di Ciamis yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Foto: Net Istimewa

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Beberapa museum sejarah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kondisinya luput dari perhatian Pemerintah. Padahal, tempat penyimpanan benda-benda bersejarah ini merupakan saksi peninggalan sejarah Kerajaan Tatar Galuh. 

Wakil Ketua DPRD Ciamis, Ganjar M. Yusuf, Selasa (4/2/2014), mengatakan, museum-museum tersebut harus segera mendapat perhatian serius dari Pemerintah Ciamis. Sebab bila museum ini hanya sekedar diketahui namanya saja, tanpa diketahuai fungsinya, maka keberadaannya hanya menjadi kenangan semata.

Menurut Ganjar, museum-museum itu perlu dilestarikan sebagai tempat budaya. Artinya, itu bisa menjadi tempat wisata, dan sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Ciamis.

Dia menilai, keberadaan museum sejarah Ciamis belum begitu dikenal masyarakat luas. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Pariwisata perlu untuk menginvetarisir museum-museum yang ada di Ciamis.

Bila perlu, tandas Ganjar, Disdik Ciamis menjadikan museum tersebut sebagai tempat pembelajaran bagi para siswa. Dia yakin, banyak siswa di Ciamis tisak mengetahui keberadaan museum sejarah Ciamis.

Kasie Kebudayaan Disdik Ciamis, H. Dedi Kusmana (Unay), mengatakan, pihaknya akan menginventarisir keberadaan museum di Ciamis. Dia juga mengaku belum mengetahui secara pasti jumlah museum yang ada di Kabupaten Ciamis. (es/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply