Objek Wisata Alam Goa di Selasari Pangandaran Segera Dibuka

06/02/2014 0 Comments
Objek Wisata Alam Goa di Selasari Pangandaran Segera Dibuka

Pemuda Karang Taruna Desa Selasari dan warga dua dusun menggelar kerja bakti, mempersiapkan pembukaan paket objek wisata alam. Photo : Asep Kartiwa/ HR

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Pemuda Karang Taruna dan sejumlah warga dari Dusun Banjarsari dan Selakambang, Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menggelar kerja bakti (gotong royong), untuk persiapan pembukaan objek wisata alam goa. 

Narli (47), tokoh masyarakat Desa Selasari, beberapa waktu lalu, mengaku sangat bangga, karena warga di wilayahnya memiliki semangat kebersamaan (kompak), bahu-membahu untuk membangun kawasan wisata baru di desa tersebut.

“Selain swadaya tenaga, juga warga juga swadya materi. Seperti matrial untuk pembuatan pos pengamanan, dan pembuatan saung-saung peristirahatan, di jalan menuju ke Goa,” ungkapnya.

Menurut Narli, pihaknya sudah mengidentifikasi potensi wisata alam goa yang dimiliki Desa Selasari. Sedikitnya, terdapat 50 buah goa yang menakjubkan. Di awal pembukaan, warga membuka Goa Reregan.

“Kedepan, kami berencana untuk membuka goa yang lainnya,” katanya.

Ugas (40), penggagas objek wisata goa Selasari, menyebutkan, Goa Reregan merupakan satu paket wisata goa yang berdekatan satu sama lain, sehingga untuk menempuh ke enam goa lainnya hanya butuh waktu sekitar satu jam dengan jalan kaki.

Selain wisata goa, kata Ugas, Desa Selasari juga memiliki sungai yang cocok untuk kegiatan arung jeram, air terjun, hutan konservasi yang masih perawan. Juga situs-situs budaya, seperti Kampung Buhun, Tapak Budha, Batu Putih (Batu Bagong).

“Untuk petualangan, treking Adventure Tarabas dan panjat tebing. Untuk pengembangan objek wisata ini, kami konsultasi dengan seorang guide asal Pangandaran. Kami juga berencana membuat paket-paket wisata alam lainnya,” timpal Bona (40), tokoh masyarakat setempat. (Askar/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!