Peserta KKN Unigal Diminta Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

06/02/2014 0 Comments
Peserta KKN Unigal Diminta Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Rektor Unigal, Prof. DR. Suherly Kusmana, MPd, memberikan sambutan dalam acara pembekalan mahasiswa KKN tahun 2013-2014, di Auditorium Unigal, Sabtu (1/2/2014). Photo : Dicky Heryanto/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dituntut memiliki kepekaan politik dan sosial. Apalagi, pelaksanaan KKN kali ini bertepatan dengan tahun politik.

Ketua Yayasan Pendidikan Galuh (YPG) Ciamis, R. Dida Yudanegara, saat pembekalan peserta KKN, di Gedung Auditorium Unigal, belum lama ini, meminta mahasiwa peserta KKN membantu meningkatkan angka partisipasi masyarakat, pada Pileg 9 April mendatang.

Dida mengakui, saat ini ‘golput’ selalu membayang-bayangi hajat demokrasi. Program KKN Unigal di tahun politik kali ini, harus bisa berdampak pada peningkatan angka partisipasi masyarakat dalam memilih.

Rektor Unigal, Prof. DR. Suherly Kusmana, M.Pd, mengungkapkan, partisipasi masyarakat dalam Pileg periode sebelumnya sangat rendah. Saat itu, angka partisipasi masyarakat hanya mencapai angka 50-60 persen.

Suherli menegaskan, agar mahasiswa tidak memihak. Dia justru menghimbau mahasiswa untuk membantu menyampaikan aspirasi dari masyarakat agar sampai ke Caleg. “KKN wajib diikuti mahasiswa. Tidak ikut KKN, tidak bisa diwisuda,” ucapnya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unigal, Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs, MSi, didampingi Ketua Pelaksana KKN, Dedi Sutrina, Drs. M.Si, menyebutkan, KKN tahun ini diikuti sekitar 775 mahasiswa dari empat fakultas (Fikes, FE, FKIP, dan Fisip).

Sasaran wilayah program KKN Unigal berada di 33 desa dari lima kecamatan, meliputi Kecamatan Sindangkasih, Kecamatan Cihaurbeuti, Kecamatan Sadananya, Kecamatan Panumbangan dan Kecamatan Sukamantri.

Tema KKN kali ini, pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan, dalam upaya peningkatan IPM di Kabupaten Ciamis. Pelaksanaannya, mulai 3 Februari hingga 3 Maret 2014. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply