Sport Center Banjar Rampung, Kompetisi Harus Rutin Digelar

03/02/2014 0 Comments
Sport Center Banjar Rampung, Kompetisi Harus Rutin Digelar

Foto: Gambar rencana Sport Center Banjar

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Banjar, Jawa Barat, merasa optimis keberadaan Banjar Sport Center, yang berlokasi di wilayah Kecamatan Langensari, bisa mendorong kemajuan olahraga di Kota Banjar.

“Kita yakin, hal itu bisa terwujud bila semua pihak mau mendukung kemajuan olahraga di Kota Banjar,” kata Adeng Herndrawan, M.Pd, Kasie Olahraga Disdikpora Kota Banjar, ketika ditemui HR, di ruang kerjanya, beberapa waktu yang lalu.

Adeng mengaku, pihaknya akan merasa malu seandainya olahraga di Kota Banjar tidak mengalami kemajuan, bahkan mundur. Padahal, sarana dan fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah sudah mendukung ke arah pencapaian itu.

“Mari kita tunggu sampai pembangunan Sport Center ini selesai. Setelah itu, stake holder yang berkompeten di bidang olahraga kita agendakan untuk menggelar pertemuan, guna merumuskan bagaimana agar olahraga di Kota Banjar bisa bangkit,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Adeng menawarkan sebuah konsep untuk menjaring atlet berbakat yang bisa membanggakan dan mengharumkan nama baik olahraga Kota Banjar. Konsepnya, kata dia, adalah dengan mengagendakan kegiatan kompetisi secara rutin.

“Kita buat target saja sesuai dengan fasilitas yang tersedia di Sport Center. Fasilitasnya antaraa lain, Lapangan Sepakbola, Lapangan Basket, Trek Atletik, Bulu Tangkis, Lapangan Bola Voly, dan arena Tenis Lapang,” ucapnya.

Menurut Adeng, kompetisi bisa dimulai dari cabang olahraga yang sudah memiliki fasilitas yang pasti di Sport Center. Kompetisi itu bisa melibatkan antar satuan pendidikan (sekolah), untuk menjaring para atlet olahraga sesuai dengan passing grade.

Dengan begitu, kata Adeng, akan mempermudah Pemerintah Kota Banjar dalam menjaring atlet-atlet berbakat. Dari total peserta kompetisi yang terbuka dan banyak itu, bisa dipilah mana saja yang nantinya akan dijadikan sebagai atlet inti Kota Banjar.

“Setelah itu, atlet pilihan dan berbakat tersebut diberi pembinaan secara rutin. Tentu, para atlet juga diberi beasiswa oleh pemerintah untuk melanjutkan studi. Kita juga perlu menjalin kerjasama dengan sejumlah sekolah untuk menerima para atlet terbaik Kota Banjar,” katanya.

Kedepan, para atlet ini akan diproyeksikan untuk mewakili Kota Banjar, dalam serangkaian even-even prestasi yang diselenggarakan di tingkatan regional, nasional, bahkan internasional.

Dalam kesempatan itu, Adeng juga berharap, saat Launching Sport Center dilakukan, digelar juga event bergengsi, misalnya menghadirkan tim sepakbola ternama, misalnya Persib Bandung, untuk bertanding dengan klub lain, sebagai uji coba fasilitas olahraga kebanggan warga Banjar.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Banjar, Toto Suprawoto, SH, Senin (27/1/2014), mengaku sangat menyambut baik wacana yang digulirkan pihak Disdikpora Kota Banjar tersebut.

Namun begitu, kata Toto, pihaknya perlu menggelar rapat dengan unsur Pengcab PSSI Kota Banjar, guna merumuskan kegiatan pasca Banjar Sport Center selesai dibangun. Selain itu juga, menggelar diskusi dengan staek holder lain yang sama-sama bergerak di bidang olahraga. “Dalam waktu dekat ini, kita (PSSI) akan segera menggelar rapat kerja (raker),” pungkasnya. (deni/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!