Tabrak Jembatan di Pantai Pangandaran, Mobil Nyungsep ke Sungai

02/02/2014 0 Comments
Tabrak Jembatan di Pantai Pangandaran, Mobil Nyungsep ke Sungai

Mobil jenis minibus TSS nomor polisi Z 1960 HL, terbalik setelah menabrak tiang jembatan, jembatan di kawasan obyek wisata Pantai Barat Pangandaran, tepatnya di depan Hotel Bumi Nusantara,  Kabupaten Pangandaran, Sabtu (01/02/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sebuah mobil jenis minibus TSS nomor polisi Z 1960 HL  menabrak sebuah tiang jembatan di kawasan obyek wisata Pantai Barat Pangandaran, tepatnya di depan Hotel Bumi Nusantara, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (01/02/2014). Akibatnya, mobil tersebut terperosok dan akhirnya nyungsep ke sungai.

Mobil yang membawa rombongan siswa-siswi SMP Negeri 1 Sukaheuning Kabupaten Tasikmalaya itu bermaksud untuk berwisata di pantai Pangandaran. Namun, setelah salah satu kendaraan rombongan mengalami musibah, niat berwisata pun akhirnya diurungkan.

Akibat kecelakaan tersebut, membuat 9 penumpang beserta supir mengalami luka-luka. Kesembilan korban itu, yakni Julfa(16), Yuli(16), Rizal(16), Sifa(15), Deti(15), Via(14), Ines(14) siswa, Effi(33) guru pembimbing, Adang(44) supir.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, seluruh korban mengalami luka lecet dan robek pada bagian kaki, tangan serta muka.

Guru pembimbing SMPN 1 Sukaheuning Tasikmalaya, Effi Roswati, mengatakan, enam kendaraan yang membawa 39 siswa- siswi SMPN 1 Sukaheuning Tasikmalaya terpaksa berbalik arah karena harus memfokuskan kepada para korban kecelakaan yang menimpa 7 siswa. Satu guru pembimbing dan satu supir pun harus mendapat penanganan medis di Puskesmas Pangandaran akibat kecelakaan tersebut.

“Dari keenam mobil rombongan, hanya mobil kami yang lebih dahulu masuk ke kawasan obyek wisata untuk mencari alamat salah satu hotel. Namun, sebelum sampai ke hotel tujuan, mobil kami mengalami kecelakaan,” ucapnya sambil meringis karena mengalami luka lecet pada bagian keningnya.

Menurut Effi, dirinya bersama guru pembimbing lainnya membawa siswa-siswi sebanyak 39 orang yang terdiri dari siswa estrakulikuler dan pengurus OSIS SMPN 1 Sukaheuning.

Sementara Adang (44), supir mobil naas, warga Desa Kiarajangkung, Kecamatan Sukahening, Kab Tasikmalaya, mengungkapkan, kecelakaan itu bermula saat memasuki jalanan menanjak sebelum jembatan.

Tanpa diduga, Adang pun dikejutkan dengan olengnya mobil yang dikendarainya. Saat itu ban depan mobilnya menginjak trotoar yang berada di jembatan tersebut. Ketika kehilangan kendali, mobil pun menabrak tiang jembatan dan akhirnya terperosok ke sungai. “Saya panik ketika mobil dalam keadaan oleng, karena ban mobil menginjak trotoar jembatan,” ujar Adang.

Adang mengatakan, untung saja keadaan sungai tengah kering, sehingga dirinya dan penumpang lainnya yang masih berada di dalam mobil bisa dengan mudah untuk keluar dan menyelamatkan diri.

Setelah melihat kejadian tersebut, para pedagang yang kebetulan mangkal di lokasi tersebut langsung mengevakuasi para penumpang yang berada di dalam mobil naas tersebut. Ke sembilan korban langsung di bawa ke Puskesmas Pangandaran untuk mendapat penanganan secara medis.

Menurut Security hotel Bumi Nusantara, Dedi Supriadi, sudah terjadi yang kesekiankalinya kecelakaan terjadi di jembatan tersebut. “Sudah empat mobil jenis Carry dan beberapa kendaraan roda dua mengalami kecelakaan di jembatan tersebut,” ujar Dedi.

Dedi menjelaskan, kondisi jalan sangat sempit apabila ada kendaraan roda empat yang bersamaan melewati jembatan tersebut. Dengan begitu, kendaraan yang melintas akan mepet dengan pagar pembatas jembatan yang sudah dalam keadaan rusak akibat seringnya ditabrak oleh kendaraan yang melintas ke jembatan tersebut.

“Coba lihat saja, jalan sebelum jembatan sangat luas, tetapi pas di jembatan jalannya menyempit,” ujar Dedi.

Setelah semua korban dievakuasi, kemudian mobil naas tersebut langsung diangkat oleh kendaraan derek yang dijaga oleh pihak kepolisian Polsek Pangandaran dan anggota Polair Pangandaran. Kini, kendaraan naas tersebut diamankan di halaman kantor Polsek Pangandaran dengan kondisi ringsek. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!