Tergerus Abrasi, Satu Rumah di Pangandaran Rusak

04/02/2014 0 Comments
Tergerus Abrasi, Satu Rumah di Pangandaran Rusak

Salah seorang aparat TNI saat membantu warga, mengevakuasi rumah Maman yang bagian bangunan belakangnya ambruk tergerus abrasi, di Desa Banjarharja, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Akibat intensitas curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya selama sepekan ini, membuat Sungai Donan di Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, meninggi debit airnya. Akibatnya, beberapa bantaran di sepanjang sungai tersebut mengalami abrasi dan membuat salah satu rumah warga rusak.

Rumah berukuran 4×6  milik Maman, warga Dusun Banjarharja RT 04/RW 07 Desa Banjarharja, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten  Pangandaran, terpaksa harus dibongkar karena bangunan belakang rumahnya yang menempel di bantaran Sungai Donan, ambruk setelah ikut tergerus abrasi.

Dibongkarnya rumah Maman, karena khawatir kerusakan pada bangunan rumahnya semakin meluas. Selain rumah  Maman, dua  rumah yang berada di sampingnya pun kini terancam rusak, menyusul kondisi tanah yang kian labil.

Puluhan warga yang dibantu aparat TNI pun bergotong royong mengevakuasi barang barang yang tertimbun longsoran tanah yang terkena abrasi sungai. Selain itu, warga pun membongkar seluruh bangunan rumah dan menyelamatkan matrial bangunan yang masih bisa digunakan.

Menurut Maman, peristiwa ini terjadi ketika hujan deras menguyur kawasan Kalipucang, Minggu (02/03/2014), sekitar pukul 23.30 WIB. Saat dirinya tertidur pulas, tiba-tiab rumah bagian belakangnya mengalami ambruk. Selain itu, tembokan rumahnya pun mengalami retak.

“Setelah ruangan belakang ambruk, kami pun bersama keluarga langsung mengungsi ke tetangga yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Karena kami khawatir seluruh bangunan rumah ambruk,” ujarnya. Sementara itu, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai Rp. 25 juta. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!