Warga di Padaherang, Pangandaran Bersihkan Debu Vulkanik Gunung Kelud

15/02/2014 0 Comments
Warga di Padaherang, Pangandaran Bersihkan Debu Vulkanik Gunung Kelud

Salah seorang warga di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tampak sedang membersihkan debu vulkanik yang menempel di bagian atap genteng rumahnya. Fhoto : Entang Saeful Rachman/HR.

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Pasca letusan Gunung Kelud di Jawa Timur yang terjadi dua hari lalu, sejumlah warga di Dusun Patinggen, Desa Karangpawitan, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tadi siang, Sabtu (15/02/2014), mulai membersihkan debu vulkanik yang ada di sekitar pekarangan rumahnya.

Hujan debu vulkanik di wilayah Kecamatan Padaherang dan sekitarnya saat ini sudah berhenti,  yang ada hanyalah sisa-sisa debu yang masih menempel di bagian genteng rumah, lantai serta pepohonan milik warga.

Yanto, salah seorang warga Desa Karangpawitan yang tengah membersihakn rumahnya, mengatakan, untuk membersihkan rumah dari debu vulkanik tidak cukup hanya disapu saja, namun harus menggunakan air.

“Saya takut kebulan debu t terhisap karena membahayakan pada pernafasan, apalagi saya punya anak kecil,” kata Yanto.

Hal senada juga dikatakan Edi, salah seorang warga Dusun Ciulu, Desa Ciulu, Kecamatan Padaherang. Dia sengaja membersihkan rumahnya dengan cara disemprot dengan air. “Untuk menghindari penyakit sesak nafas akibat debu vulkanik, saya menyemprotnya mulai dari debu yang menempel di atas genteng hingga debu yang menempel pada tanaman hias,” kata Edi. (Ntang/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!