Antisipasi Flu Burung & Rabies, Distan Banjar Vaksin Hewan Peliharaan

11/03/2014 0 Comments
Antisipasi Flu Burung & Rabies, Distan Banjar Vaksin Hewan Peliharaan

Petugas dari UPTD Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Kota Banjar sedang melakukan vaksinasi terhadap hewan unggas peliharaan masyarakat. Foto: Abdulloh Muklis

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Untuk men­cegah dan menekan penyebaran virus flu burung maupun rabies, UPTD Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian (Distan) Kota Banjar, berupaya terus me­lakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan masyarakat, seperti unggas, kucing, anjing dan monyet.

Kepala UPTD Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman Distan Kota Banjar, Aep Ahmad Sehu, SP., mengatakan, pemberian vaksinasi terhadap hewan peliharaan sangat perlu dan harus selalu dilakukan.

Pemberian vaksin terhadap hewan unggas tujuannya untuk pencegahan flu burung, sedangkan pemberian vaksin terhadap hewan piaraan sepeti kucing, anjing dan monyet yaitu untuk pencegahan penyakit rabies.

Selain menjaga kesehatan hewan pe­liharaan itu sendiri, pemberian vaksin juga sekaligus untuk menjaga kesehatan pemilik hewan peliharaan maupun lingkungan sekitar dari serangan atau gigitan hewan tersebut.

Program vaksinasi hewan peliharaan merupakan program dari provinsi yang ditindaklanjuti oleh kabupaten/kota. Di Kota Banjar sendiri program tersebut sudah dan sedang berjalan dari bulan Februari sampai April 2014 di empat wilayah kecamatan,” kata Aep, kepada HR, Kamis (27/02/2014).

Penyemprotan kandang unggas dilakukan oleh petugas, didampingi aparat desa/kelurahan. Waktu pelaksanaan vaksinasi maupun penyemprotan sebelumnya sudah diberitahukan kepada masyarakat melalui RT/RW setempat.

“Program vaksinasi maupun penyemprotan dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Perlengkapan vaksinnya dari provinsi, jadi kami disini tinggal melaksanakannya di lapangan,” katanya.

Aep menyebutkan, jumlah hewan unggas yang sudah divaksinasi A1 diantaranya di wilayah Kecamatan Langensari sebanyak 2.565 ekor, di wilayah Kecamatan Purwaharja 1.500 ekor, di Kecamatan Pataruman 3.250 ekor, dan di Kecamatan Banjar sebanyak 2.870 ekor.

Sedangkan, untuk pelaksanaan vaksin rabies masih dalam tahap rekapan, karena petugas masih melakukan pendataan di lapangan, sehingga datanya belum masuk semua. Pemberian vaksin terhadap hewan peliharaan ini tanpa dipungut biaya. (AM/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply