Asep: Koperasi di Ciamis Harus Dibina Secara Sistematis

18/03/2014 0 Comments
Asep: Koperasi di Ciamis Harus Dibina Secara Sistematis

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Banyaknya koperasi di Ciamis dan Pangandaran yang gulung tikar, membuat Ketua DPRD Ciamis, H. Asep Roni mengernyitkan dahi. Ketidakpercayaan terhadap fakta seputar koperasi Ciamis dan Pangandaran tersebut, membuat orang No 1 di jajaran legislatif Ciamis ini angkat bicara.

“Harusnya bisa maju, karena kan ditopang oleh jaringan, SDM dan permodalan, kok mandeg yah,’ ucapnya, Senin (10/3/2014), melalui telepon selulernya.

Asep mengaku sangat prihatin, nasib perkoperasian yang ada di Ciamis dan juga Pangandaran saat ini. Sebagai soko guru perekonomian, koperasi harusnya tampil di depan, kenapa malah banyak yang gulung tikar.

Secara teori, kata Asep, koperasi adalah badan usaha yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Artinya, bila koperasi ingin maju harus dikelola oleh Sumberdaya Manusia (SDM) yang profesional.

“Kompetensi SDM yang mengurusnya harus diperhatikan,” ujarnya.

Menurut Asep, hal yang paling hakiki dalam mengelola suatu badan usaha adalah tekad dan kemauan yang kuat. Dia mencontohkan, dengan modal awal sebesar Rp 76 ribu, karena dengan tekad kuat dirinya bisa menjalankan usaha ternak ayam sampai saat ini.

Begitu juga soal koperasi, imbuh Asep, pengalamannya memberikan aspirasi 100 juta kepada Koperasi Minasari, kemudian sama-sama mengawal dengan Jeje Wiradinata, akhirnya koperasi tersebut bisa beraset 2,5 milyar rupiah saat ini.

Asep juga mewanti-wanti Pemkab Ciamis, melalui Disperindagkop dan UKM untuk melakukan pembinaan secara sistematis soal koperasi di Kabupaten Ciamis. “Pemkab harus punya terobosan soal pembinaan koperasi,” pungkasnya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply