Bappeda Gelar Musrenbang Kota Banjar 2014

11/03/2014 Berita Banjar
Bappeda Gelar Musrenbang Kota Banjar 2014

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjar,  Ir. H. Tomy Subagja, MM

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Banjar diharapkan dapat menghasilkan formulasi strategis daerah yang terpadu, melalui peningkatan kapasitas manajemen aparatur daerah dalam kerangka paradigma baru pelaksanaan pemerintah daerah yang sarat dengan nuansa otonomi.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjar, sekaligus Ketua Penyelenggaran Musrenbang Kota Banjar tahun 2014, Ir. H. Tomy Subagja, MM., dalam acara Musrenbang Kota Banjar tahun 2014, Rabu (05/03/2014), yang digelar di Graha Banjar Idaman (GBI).

Lebih lanjut Tomy mengatakan, bahwa Murenbang Kota Banjar tahun 2014 merupakan salah satu agenda perencanaan pembangunan di Kota Banjar. Forum ini sebagai media utama konsultasi publik bagi segenap stakeholder daerah untuk menyepakati program dan kegiatan daerah, serta rekomendasi kebijakan pada tahun 2015 mendatang.

“Tahapan perencanaan telah dilaksanakan mulai dari Musrenbang tingkat desa, Musrenbang tingkat kecamatan, Forum Organisasi Perangkat Daerah, dan Musrenbang tingkat kota yang dilaksanakan tanggal 5 Maret 2014,” paparnya.

Musrenbang Kota Banjar dilaksanakan berdasarkan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Selain itu, pelaksanaan Musrenbang juga mengacu pada Surat Edaran Bersama Menteri Negera Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bapenas, serta Menteri Dalam Negeri Nomor 0008/M.PPN/01/2007, dan 050/264A/SJ, tanggal 12 Januari 2007, tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Musrenbang.

“Untuk itu, perlu adanya perubahan dalam sistem perencanaan pembangunan, baik pada aspek proses dan mekanisme, maupun tahapan pelaksanaan forum musyawarah perencanaan di tingkat pusat dan daerah,” kata Tomy.

Dia menambahkan, diharapkan pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kota Banjar ini, baik yang sedang dan yang akan dilaksanakan, dapat berlangsung dengan lancar dan mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan bersama.

Kegiatan Musrenbang Kota Banjar tahun 2014 diikuti oleh perwakilan dari setiap OPD terkait, anggota DPRD terkait, Sekretariat DPRD, unsur kecamatan, desa/kelurahan, LSM, perguruan tinggi, GNOTA, Dewan Pendidikan, PGRI, IDI, IPBI, Gapensi, unsur Bank, Kadin, BUMD, BUMN, Organda dan tim fasilitasi perencanaan pembangunan Kota Banjar. (eva/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles