Di Ciamis, 4 Rumah dan Seorang Nenek Renta Tertimbun Longsor

Di Ciamis, 4 Rumah dan Seorang Nenek Renta Tertimbun Longsor

4 rumah milik warga di Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tertimbun longsor, Jum’at (28/03/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya selama sepekan terakhir ini, membuat tebing setinggi 15 meter di Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, longsor dan sekaligus menimbun 4 rumah milik warga setempat, Jum’at (28/03/2014).

Naas, seorang nenek renta berusia 80 tahun pun ikut tertimbun material longsor. Namun, meski selama setengah jam tertimbun, nenek itu akhirnya bisa diselamatkan.

Dari informasi yang dihimpun HR, saat bencana itu terjadi, 4 keluarga yang rumahnya berada di bawah tebing tersebut, sengaja berada di rumah rumah. Mereka sudah mengantisipasi apabila terjadinya longsor. Karena, tebing curam itu sebelumnya sudah menunjukan tanda-tanda akan mengalami longsor.

Namun, Karwati nenek berusia 80 tahun yang tertinggal di belakang rumah, harus tertimbun saat tebing curam itu memuntahkan material tanah dan bebatuan. Setelah terjadi longsor, anak dan cucunya baru ingat bahwa nenek renta itu masih berada di belakang rumah.

Meski akhirnya bisa diselamatkan, namun nenek renta itu mengalami luka-luka di bagian kaki dan tangannya akibat dihujani material longsor.

Ketua RW setempat Saridin, mengatakan, empat kepala keluarga yang menjadi korban longsor, terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangganya. Karena rumah mereka mengalami kerusakan akibat bencana tersebut. Setelah terjadi longsor, warga yang dibantu aparat TNI langsung mengevakuasi barang-barang berharga yang tertimbun longsor.

Meski menggunakan alat seadanya, namun evakuasi tersebut berhasil menyelamatkan beberapa barang berharga milik korban yang masih bisa digunakan. Akibat peristiwa ini, korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. (Ntang/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles