Diserang Hama, 10 ha Sawah Terancam Gagal Panen

15/03/2014 0 Comments
Diserang Hama, 10 ha Sawah Terancam Gagal Panen

Photo : Ilustrasi

Pamarican, (harapanrakyat.com),-

Areal sawah seluas 10 hektaran di wilayah Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis terancam gagal panen akibat diserang hama wereng. Padahal, kurang dari 10 hari, tanaman padi tersebut akan dipanen oleh petani.

Engkus, petani dari Dusun Tamansari, Kertahayu, Senin (10/3/2014), mengeluhkan perihal tanaman padi miliknya yang habis diserang hama. Dia sudah memprediksi, hasil panen kali ini tidak akan maksimal.

Mengantisipasi kerugian lebih besar, Engkus dan petani di wilayah itu terpaksa memanen dini tanaman padi yang diserang hama wereng. “Daripada merugi, lebih baik dipanen dulu, sebelum hama itu menyebar ke tanaman yang lain,” ungkapnya.

Kaur Ekbang Desa Kertahayu, Suryanto, Senin (10/3/2014), membenarkan kejadian yang dialami petani. Menurut dia, tanaman padi yang akan dipanen dalam beberapa hari kedepan itu malah diserang hama.

Suryanto mengaku, pihaknya akan melaporkan kejadian ini ke BP3K Kecamatan Pamarican, biar secepatnya ditangani. Dia menghimbau petani agar bersabar, karena pihaknya sedang mencoba mencari jalan keluar. (Andri/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!