Duh! Banyak Pedagang Kecil di Ciamis Terjerat Rentenir

03/03/2014 0 Comments
Duh! Banyak Pedagang Kecil di Ciamis Terjerat Rentenir

Foto: Ilustrasi/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat kesulitan dalam menempuh persyaratan pengajuan kredit perbankan, karena terkendala prasyarat harus memiliki agunan atau penjamin, membuat sejumlah pedagang kecil di Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, akhirnya terjerat rentenir.

Meski harus menanggung bunga tinggi, namun mereka terpaksa meminjam uang dari rentenir dengan alasan karena mendapat kemudahan saat mengajukan pinjaman.

Salah seorang pedagang sayur keliling, warga Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Suhaemi (43),  mengaku sering meminjam uang kepada rentenir di saat dirinya kekurangan modal untuk usahanya.

“Kalau mengajukan kredit ke bank, banyak persyaratan yang harus ditempuh. Disamping itu, proses pengajuannya pun berbelit-belit serta harus memakan waktu lama. Selain itu, saya juga tidak punya agunan atau penjamin untuk menempuh syarat kredit di bank,” ujarnya, Minggu (02/03/2014).

Menurut Suhaemi, kalau meminjam uang kepada rentenir, persyaratannya sangat mudah, karena cukup dengan memberikan foto kopi KTP, pada saat itu juga uang langsung cair. “ Saya tidak berpikir bunga tinggi, karena terpepet tambahan modal usaha. Ya akhirnya terpaksa minjam uang ke rentenir agar usaha saya tetap jalan,” ujarnya.

Namun demikan, Suhaemi pun berharap pemerintah bisa memfasilitasi pengusaha kecil agar dapat meminjam uang dari perbankan tanpa harus menggunakan agunan. “ Memang saya juga tahu saat ini ada program KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan program kredit lainnya yang digulirkan pemerintah. Tapi, saya bingung harus mengajukan ke mana dan caranya bagaimana,” ungkapnya.

“Terus terang, banyak pedagang kecil lainnya yang tidak tahu proses pengajuan kredit program pemerintah tersebut. Dan akhirnya mereka pun sama seperti saya meminjam ke rentenir,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply