Duh! Pemkab Ciamis Belum Tertibkan Pelanggaran Atribut Kampanye

05/03/2014 0 Comments
Duh! Pemkab Ciamis Belum Tertibkan Pelanggaran Atribut Kampanye

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Meski Panwaslu Kabupaten Ciamis sekitar dua minggu lalu sudah mengirim surat rekomendasi kepada Bupati Ciamis terkait penertiban alat peraga kampanye yang menyalahi aturan Pemilu, namun hingga saat ini masih belum ada tindaklanjutnya. Dinas Satpol PP Kab. Ciamis sebagai salah satu eksekutor penertiban, mengaku belum mendapat perintah.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Dinas Satpol PP Kabupaten Ciamis, Dedi Iwa. S, mengatakan, pihaknya belum mendapat perintah, baik koordinasi dari dinas terkait ataupun surat perintah langsung dari Bupati Ciamis.

“Kami sebenarnya sudah siap melaksanakan penertiban, namun sampai saat ini belum mendapat surat perintah,” katanya, kepada HR, Senin (03/03/2014).

Dedi menjelaskan, dalam penertiban alat peraga kampanye pihaknya tidak bisa gegabah. Selain harus ada surat perintah dari atasan yang lebih tinggi, juga harus jelas dulu mana alat peraga yang harus ditertibkan dan mana yang tidak.

“Dalam setiap melakukan penertiban tentunya harus jelas dasarnya, agar nanti di lapangan tidak terjadi kesalahpahaman,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan, mengatakan, pihaknya sudah merekomendasi sejumlah pelanggaran pemasangan atribut kampanye yang dilakukan Calon Anggota Legislatif (Caleg) kepada Bupati Ciamis dan Penjabat Bupati Pangandaran.

Rekomendasi tersebut dibuat setelah mendapat laporan dari seluruh Panwascam di Kabupaten Ciamis dan Pangandaaran bahwa banyak terjadi pelanggaran pemasangan atribut kampanye di lapangan.

“Dalam rekomendasi tersebut, dilampirkan sejumlah pelanggaran alat peraga masing- masing Caleg secara detail, berikut tempat pelanggarannya di daerah mana dan disertakan pula foto pelanggaran tersebut,” katanya.

Menurut Uce, pihaknya melampirkan sejumlah data pelanggaran secara detail, agar Pemkab Ciamis dan Pemkab Pangandaran tidak salah saat melakukan penertiban. “Karena banyak juga pemasangan APK atau atribut kampanye Caleg yang sudah sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Uce juga menambahkan, saat melakukan penertiban nanti, pihak Pemkab akan didampingi oleh anggota Panwascam setempat. Hal itu agar dalam pelaksanaan penertiban APK tidak terjadi kesalahan.

“Karena, apabila Pemkab salah menertibkan, misalnya, melakukan penertiban terhadap APK yang sudah sesuai aturan, hal itu bisa menimbulkan permasalahan. Sebab, Caleg yang merasa dirugikan, bisa melakukan gugatan secara hukum, “ terangnya. (Her/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply