Iing: Lestarikan Seni Beladiri Pencak Silat di Ciamis!

06/03/2014 0 Comments
Iing: Lestarikan Seni Beladiri Pencak Silat di Ciamis!

Ketua Pembina PPS SMI, Drs. H. Iing S Arifin. Foto: Dokumentasi HR

Panawangan, (harapanrakyat.com),-

Pengurus Perguruan Pencak Silat (PPS) Satria Muda Indonesia (SMI) Kabupaten Ciamis kordinator unit (Kornit), periode 2013-2015 resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Pembina PPS SMI, Drs. H. Iing S Arifin, yang juga Wakil Bupati Ciamis ini, Jum`at (28/2/2014), di Lapangan Olahraga Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

Ketua pelaksana acara, Drs. Sobandi Heryanto, MPD, mengatakan, kegiatan itu diikuti empat kecamatan, meliputi Kecamatan Panawangan, Kawali, Panjalu dan Jatinagara. Pesertanya mencapai lima ratus orang, diantaranya dewan guru, para kepala desa, para Camat, Dandim, Kepala UPTD Pendidikan dan tokoh masyarakat.

H. Iing, dalam sambutannya mengaku bangga, budaya pencak silat khas sunda masih dilestarikan. Budaya ini merupakan warisan dari nenek moyang. Secara lahir, seni beladiri pencak silat ajang untuk mencari teman.

Sedangkan secara batin, seni bela diri ini dapat meningkatkan kedekatan diri kepada Tuhan. Bela diri pencak silat juga untuk bela bangsa. Menurutnya, pencak silat merupakan  bagian tak terpisahkan dari khazanah budaya bangsa yang dilandasi spritualitas.

Ketua Komwil, Sutarja, Minggu (2/03/2014), mengatakan, pengukuhan  Kordinator Unit sengaja dilakukan, karena selama ini terjadi kekosongan pengurus. Dia berharap, melalui pengukuhan Kornit yang terdiri dari empat kecamatan ini, seni beladiri mampu dipertahankan serta dilestarikan. (Dji/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!