KPUD Ciamis Tetapkan Perubahan Jadwal Kampanye

KPUD Ciamis Tetapkan Perubahan Jadwal Kampanye

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciamis menetapkan perubahan jadwal kampanye terbuka bagi partai politik (Parpol). Pada mulanya, jadwal kampanye terbuka diagendakan selama 22 hari, kemudian dirubah menjadi 15 hari.  Keputusan itu berdasarkan kesepakatan KPU RI dengan Polri, disetujui 12 Parpol peserta pemilu.

Hal itu disampaikan Ketua KPUD Ciamis, Kikim Tarkim, saat dihubungi HR, Senin (17/3/2014). Menurutnya, sebelum ada pemangkasan, jadwal kampanye terbuka ditetapkan selama 22 hari.

“Tapi, KPU pusat membuat kesepakatan, masa kampanye terbuka dikurangi 6 hari. Jadi, yang tadinya 22 hari, tinggal 16 hari. Satu hari di antaranya, dipakai untuk agenda deklarasi kampanye damai dan karnaval bersama seluruh parpol peserta pemilu. Jadi, sisa hari efektif yang bisa dipakai parpol untuk kampanye terbuka dan rapat umum tinggal 15 hari,” ujarnya.

Kikim menyebutkan, lima hari yang dipotong itu antaralain, menghormati hari libur nasional, hari raya nyepi 31 Maret.

“Serta empat hari lainnya yang tidak boleh ada aktifitas kampanye terbuka, diantaranya tanggal 19, 23, 24, dan 28 Maret, serta 2 April,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kikim menuturkan, KPUD Ciamis telah menyusun jadwal kampanye rapat umum bagi tiap-tiap parpol. Keputusan itu diterbitkan lewat surat keputusan KPUD Ciamis. Isi surat itu, setiap parpol dijadwalkan mendapatkan jatah lima kali kampanye terbuka dan rapat umum.

Sedangkan pembagian zona kampanye, yang semula dirancang sesuai Daerah Pemilihan (Dapil), akibat perubahan ini maka ditetapkanlah pembagian zona kampanye menjadi empat wilayah kampanye (WK). Komposisinya, WK 1 di Dapil I, WK 2 di Dapil II dan III, WK 3 di Dapil IV, dan WK 4 di Dapil V dan VI.

” Kami juga telah menetapkan jadwal kampanye terbuka bagi parpol maupun caleg DPRD kabupaten. Ini sudah disinkronkan dengan jadwal kampanye terbuka bagi parpol maupun caleg DPRD provinsi maupun DPR-RI dapil Jabar X dan XI,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles