Lewat Hiking, SMAN 3 Banjar Bentuk Kepribadian Siswa

07/03/2014 0 Comments
Lewat Hiking, SMAN 3 Banjar Bentuk Kepribadian Siswa

Kepala SMAN 3 Banjar, Drs. H. Kusdiaman, M.Pd., memberikan pengarahan kepada peserta sekaligus membuka kegiatan Hiking Rally Ambalan Galuh Pakuan-Srikandi yang ke-34. Photo : Dok. Encang ZM

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ambalan Galuh Pakuan Srikandi SMAN 3 Banjar yeng ke-34, sebanyak 700 orang, terdiri dari para guru dan peserta didik, mengikuti kegiatan Hiking Rally, beberapa waktu lalu.

Rute yang ditempuh dalam kegiatan tersebut yaitu, start dari kampus SMAN 3, kemudian Banjarkolot, Cipadung, Perum Purwaharja, wilayah Batalyon 323, Situ Mustika, Rest Area Banjar Atas, Cibulan dan kembali finish di kampus SMAN 3.

Saat ditemui HR di sela-sela acara, Kepala SMAN 3 Banjar, Drs. H. Kusdiaman, M.Pd., didampingi Pembina Pramuka SMAN 3 Banjar, Encang Zaenal Muarif, S.Pd., M.Pd., dan Herawati, S.Pd., mengatakan, selain untuk memperingati HUT ambalan, program Hiking Rally juga dijadikan sebagai agenda tahunan dalam upaya membentuk kepribadian siswa yang sehat, mandiri, penuh dengan kreativitas, serta dapat mencintai alam sekitarnya.

“Generasi muda memiliki peran yang sangat strategis dalam menjaga kelestarian alam. Oleh karena itu menjadi kewajiban semua pihak untuk membina dan mengarahkan generasi muda, hingga mereka dapat melindungi dan mencintai alam sekitarnya. Dengan kegiatan ini, mudah-mudahan sasaran tersebut dapat terwujud,” kata Kusdiaman, yang ikut serta berjalan kaki bersama peserta lain hingga finish.

Kusdiaman menambahkan, para peserta Hiking Rally tahun ini adalah para pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik kelas X dan XI. Sedangkan Kelas XII tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan ini karena harus fokus menghadapi Ujian Nasional.

Sementara itu, Pradana Dewan Ambalan Galuh Pakuan-Srikandi, M. Anwar, mengatakan, program ini pun menjadi bagian dari implementasi Dhasa Dharma Pramuka, point 2, yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Meskipun kegiatan ini adalah acara Pramuka, namun para peserta diberi kebebasan untuk memakai kostum sesuai dengan keinginan mereka sebagai ekspresi seni dan  budaya lokal, dengan catatan sopan dan tidak vulgar,” kata Anwar.

Meski jarak yang ditempuh cukup jauh dan medannya agak berat, tapi para peserta mengukutinya dengan antusias. Permainan-permainan menarik diikuti dengan gembira di pos Situ Mustika.

Untuk mengobati rasa lelah, di lokasi finish para peserta disuguhi pertunjukan seni musik dan lomba joget yang dipandu oleh Pembina Kesenian SMAN 3, Dadan Hendayana, S.Pd., M.Pd., dan Yati Heryanti, S.Sn.

Salah seorang peserta, Gita, kelas XI IA 4, mengaku sangat senang mengikuti Hiking Rally ini, karena dapat menghilangkan kejenuhan saat belajar, sekaligus mempererat tali kekeluargaan di antara semua warga sekolah. Dia berharap kegiatan tersebut selalu digelar setiap tahun. (deni/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!