Pembekalan Prakerin, SMK Negeri 2 Ciamis Libatkan TNI

07/03/2014 0 Comments
Pembekalan Prakerin, SMK Negeri 2 Ciamis Libatkan TNI

Para siswa Peserta Prakerin saat mengikuti pembekalan kedisiplinan dari Anggota TNI Kompi C Zipur Ciamis. Photo : Dicky Heryanto/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 428 siswa SMK Negeri 2 Ciamis, mengikuti serangkaian pembekalan, sebelum melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin), mulai tanggal 24 Februari sampai 1 Mret 2014. Selain pembekalan administrasi dari guru, para siswa juga digembleng secara mental dan disiplin oleh Anggota TNI dari Kompi C Zipur Ciamis.

Kepala SMK Negeri Ciamis, Drs. Asep Agus, MM, belum lama ini, mengatakan, para siswanya mendapat pelatihan dari Anggota TNI, tentang De Fille sampai peraturan baris-berbaris.

Menurut dia, kegiatan pembekalan Prakerin itu diikuti oleh 428 siswa Kelas XI. Acara tahunan tersebut merupakan bagian komitmen calon peserta Prakerin. Prakerin sendiri dilaksanakan selama tiga bulan, mulai awal Maret  hingga  akhir Mei 2014, di berbagai perusahaan di Priangan Timur, Jabotabek, dan luar pulau Jawa.

“Kami melibatkan anggota TNI untuk menempa mental dan menumbuhkan kedisiplinan, sebelum mereka (Peserta Prakerin) memasuki dunia kerja,” ungkapnya.

Asep Agus meyakini, TNI memiliki metode tersendiri untuk menumbuhkan kedisiplinan para siswa. Meski begitu, sebetulnya pihak sekolah juga sudah menerapkan kedisiplinan di lingkungan kampus. Namun disadari, disiplin dunia kerja sangat tinggi, dimana pesera Prakerin dituntut persaingan dan prestasi prima.

“Orientasi kami siswa punya karakter kebangsaan dan bela negara. Ini komitmen kami agar siswa kami bisa berdaptasi dengan dunia kerja,” katanya.

Selain dengan Kompi C Yon Zipur, imbuh Asep Agus, pembekalan Prakerin ini pun melibatkan tenaga medis, yakni para dokter dari Puskemas Ciamis. “Kesehatan siswa juga bisa terpantau secara terukur,” imbuhnya.

Asep Agus menambahkan, siswa yang mengikuti kegiatan Prakerin diberi kebebasan untuk menentukan pilihan tempat, baik itu di Intansi Pemerintah, Swasta ataupun BUMN. Sekolah hanya memfasilitasi daftar nama instansi.

“Untuk pilihan diserakan kepada masing-masing siswa, mereka mampunya dimana,” pungkasnya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply