Prioritas Pembangunan Ciamis Mengacu Target RPJMD Ketiga

23/03/2014 0 Comments
Prioritas Pembangunan Ciamis Mengacu Target RPJMD Ketiga

Sekda Ciamis, H. Herdiat, MM, saat menyampaikan sambutan pada acara Musrenbang Ciamis tahun 2014, di Gedung Islamic Center Ciamis. Photo : Deni Supendi/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Prioritas dan sasaran pembangunan daerah tahun 2015 disusun dengan mengacu pada pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahap ketiga dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Ciamis tahun 2005-2025.

Tahapan RPJMD tahun 2014-2019, ditujukan untuk memantapkan pengembangan hasil pembangunan pada tahap sebelumnya. Di tahun tersebut, Pemkab berupaya mewujudkan kemandirian masyarakat yang berlandaskan pada keunggulan sumber daya manusia dan pengelolaan potensi wilayah yang berkualitas, dengan pemantapan kemampuan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Kemudian, penyusunan prioritas pembangunan daerah tahun 2015, menurut Sekretaris Daerah (Sekda), H. Herdiat, MM, didampingi Kepala Bappeda Ciamis, Drs. H. Kusdiana, MM, dirumuskan berdasarkan hasil evaluasi capaian kinerja pembangunan tahun 2012 dan proyeksi pencapaian kinerja tahun 2013.

Namun demikian, kata Herdiat, masalah dan tantangan pembangunan di Kabupaten Ciamis tetap merujuk pada prioritas pembangunan nasional, serta prioritas pembangunan Provinsi Jawa Barat.

Menurut Herdiat, prioritas pembangunan nasional, diantaranya Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola, Pendidikan, Kesehatan, Penanggulangan Kemiskinan, Ketahanan Pangan, Infrastruktur, Iklim Investasi dan Iklim Usaha, Energi, Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Bencana, Daerah Tertinggal/ Terdepan/ Terluar dan Pasca Konflik, Kebudayaan, Kreativitas dan Inovasi Teknologi.

Di bidang perekonomian, yaitu Industri Pengolahan, Kerjasama Ekonomi Internasional, Tenaga Kerja Indonesia, Koperasi dan UMKM. Di Bidang Kesejahteraan Rakyat, yakni Kepariwisataan, Pemuda dan Olahraga, Kehidupan Beragama, Pengarusutamaan Gender serta Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindak Kekerasan

Sedangkan prioritas Pembangunan Provinsi Jawa Barat, diantaranya meningkatkan aksesibilitas dan  mutu pendidikan, meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan, mengembangkan infrastruktur wilayah, energi dan air baku, meningkatkan ekonomi pertanian, meningkatkan ekonomi non pertanian.

Meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup dan kebencanaan, meningkatkan pengelolaan seni, budaya dan wisata serta kepemudaan, meningkatkan ketahanan keluarga dan kependudukan, menanggulangi kemiskinan, penyandang masalah kesejahteraan sosial dan keamanan, serta meningkatkan kinerja aparatur serta tata kelola pemerintahan dengan penerapan IPTEK.

Sejalan dengan kondisi di tingkat nasional dan kondisi Jawa Barat, maka isu strategis Kabupaten Ciamis Tahun 2015 adalah, Kualitas dan kesempatan pendidikan, aksesibilitas dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat, daya beli masyarakat, ketahanan pangan.

Penanggulangan kemiskinan, pengangguran, dan ketenagakerjaan, kemitraan pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat dalam pembangunan, iklim usaha, fasilitasi dan pembinaan pelaku UMKM, pengembangan destinasi wisata, pemberdayaan masyarakat.

Penanggulangan bencana dan pengelolaan lingkungan hidup dalam rangka adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, ketersediaan dan kualitas infrastruktur wilayah dan perdesaan, kapasitas keuangan daerah, optimalisasi kinerja Pemerintahan Daerah dan Desa, Kesenjangan pembangunan antar wilayah.

Selanjutnya, Prioritas Pembangunan Kabupaten Ciamis Tahun 2015 disusun melalui penyelarasan dengan prioritas pembangunan nasional, Provinsi Jawa Barat tahun 2015 dan memperhatikan isu strategis Kabupaten Ciamis tahun 2015.

Prioritas pembangunan Kabupaten Ciamis tahun 2015, pertama, meningkatkan aksesibilitas dan mutu pendidikan. Kedua, meningkatkan aksesibilitas dan mutu pelayanan kesehatan. Ketiga, pengembangan pertanian, Kehutanan dan Perikanan.

Keempat, pengembangan pariwisata dan dunia usaha. Kelima, Penanggulangan  kemiskinan, pengangguran, dan ketenagakerjaan. Keenam, Pemberdayaan Masyarakat. Ketujuh, Penanggulangan bencana dan pengelolaan lingkungan hidup.

Yang kedelapan, Ketersediaan dan kualitas infrastruktur wilayah. Kesembilan, meningkatkan Kinerja Aparatur dan Tata Kelola Pemerintahan Daerah. Dan kesepuluh, Pembangunan Perdesaan. (Deni/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!