PWI Perwakilan Ciamis Gelar Workshop Jurnalistik di Pangandaran

08/03/2014 0 Comments
PWI Perwakilan Ciamis Gelar Workshop Jurnalistik di Pangandaran

Wakil Ketua PWI Ciamis, Banjar, Pangandaran, Subagja Hamara, saat memberikan piagam (cinderamata) kepada Sekda Pangandaran, Mahmud. Photo : Entang/ HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 68, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Ciamis, Banjar, Pangandaran menggelar workshop jurnalistik tingkat SMK dan SMA se-Kabupaten Pangandaran, di gedung SMA Muhamadiyah Pangandaran, Jumat siang (7/3/2014).

Acara tersebut diikuti sekitar 150 peserta, yang terdiri dari siswa-siswi tingkat SLTA sederajat yang ada di Pangandaran. Acara itu dihadiri Sekda Kabupaten Pangandaran Mahmud, SH.MH, Kasie Sarana Dikmen Disdikbudpora, Drs. Umar Sumarjo. Acara dibuka oleh Sekda Mahmud.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Dian Sholeh Wardiana Putra, mengatakan, acara yang digelar merupakan salah satu wujud kepedulian PWI dalam memberikan pemahaman dan wawasan dunia pers kepada siswa.

“Sesuai dengan tema kegiatan, kiat menjadi penulis kreatif, bertujuan untuk memberikan pemahaman kreatifitas jurnalistik insan pers dalam melaksanakan tugas di lapangan,” kata Dian.

Masih dikatakan Dian, jurnalis memiliki posisi sebagai human relation, alat komunikasi publik yang dituntut untuk memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional di saat melakukan komunikasi, baik itu ke kalangan atas, menengah atau bawah. Hasilnya, disajikan menjadi sebuah karya komunikasi bagi publik.

“Ini merupakan rangkaian terakhir kegiatan Hari Pers Nasional. Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah terobosan baru bagi internal kepengurusan PWI,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua PWI Perwakilan Ciamis, Banjar, Pangandaran, Subagja Hamara, mengatakan, workshop jurnalistik dengan peserta pelajar SMA/SMK ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pers Nasional.

Kegiatan workshop yang digelar di Pangandaran ini, lanjut Subagja, merupakan kali ketiga setelah sebelumnya acara serupa sudah digelar di Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

“Kegiatan ini dimulai dari bulan Januari. Di bulan Januari, kita menggelar acara workshop dengan peserta pelajar SMA/SMK se- Kabupaten Ciamis. Kemudian di bulan Februari acara serupa digelar di Kota Banjar. Terakhir, di bulan Maret ini, kita menggelar juga di Pangandaran, “ ujarnya, di sela-sela acara workshop.

Menurut Subagja, tujuan digelarnya acara workshop ini sebagai sumbangsih insan pers yang tergabung dalam organisasi PWI dalam memberikan pemahaman ilmu jurnalistik kepada kalangan pelajar.

“Setelah kami menggelar acara ini di 3 Kabupaten/Kota (Ciamis, Banjar, Pangandaran), ternyata antusiasme dan keingintahuan pelajar terhadap ilmu jurnalistik sangat tinggi. Bahkan, sudah ada sekolah yang diorganisir dalam ekstakulikuler jurnalistik sudah memulai membuat majalah atau bulletin sekolah dalam menyalurkan bakat menulis siswanya, “ terangnya.

Sekda Pangandaran, Mahmud, mengatakan, dengan kemajuan teknologi modern kegiatan jurnalistik mengalami perubahan secara teknis bagi insan pers. Seiring dengan itu, media merupakan alat informasi publik yang memiliki peranan utama dalam kehidupan sosial.

“Dulu, insan pers melakukan aktifitas jurnalistik mengalami berbagai keterbatasan dalam proses membuat sebuah berita. Namun seiring jaman dan perkembangan tekhnologi, insan pers dipermudah dalam melakukan kegiatan jurnalistiknya,” kata Mahmud.

Mahmud juga mengapresiasi kegiatan workshop yang diprogramkan oleh PWI, dengan melibatkan pelajar SMA dan SMK di Pangandaran. Dia berpesan, insan pers dalam melaksanakan tugas mengacu pada Undang-Undang Pers.

Kasie Sarana, Drs. Umar Sumarjo, berharap kegiatan yang diselenggerakan bersama PWI, dapat merangsang kemampuan siswa-siswi dalam menulis. (Ntang/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply