Warga Pangandaran Kaget, Dapati Ubi Rambat Seberat 6 Kg

18/03/2014 0 Comments
Warga Pangandaran Kaget, Dapati Ubi Rambat Seberat 6 Kg

Ubi rambat dengan bobot 6 kg didapati di pekarangan rumah Mah Paini (68), warga Dusun Karangsalam RT 06/RW 05, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Mah Paini (68), warga Dusun Karangsalam RT 06/RW 05, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, dikejutkan saat memanen ubi rambat di pekarangan rumahnya. Pasalnya, ubi yang diangkat dari dasar pohonnya itu tidak seperti biasanya. Betapa tidak, ubi itu tampak langka, karena memiliki bobot sekitar 6 kilogram.

Mah Paini mengatakan, baru kali ini dirinya melihat ubi dengan bobot hingga 6 kilogram. Selain beratnya tak wajar, bentuknya pun unik. Jika dilihat secara kasat mata, ubi ini tampak mirip seperti organ kemaluan perempuan.

“Pohon ubi ini ditanam setahun lalu. Almarhum suami saya sewaktu hidup menanam pohon ini di pekarangan rumah, “ kenangnya, Senin (18/03/2014).

Menurut Mbah Paini, saat menanam pohon ubi langka tersebut, almarhum suaminya sebenarnya hanya iseng untuk sekedar mengisi waktu luangnya. Saat itu hanya beberapa pohon saja yang ditanam di pekarangan rumah.

“Tadi pagi saya ingat, ubi di pekarangan sudah terlihat siap panen. Saya pun mencoba untuk memanen ubi tersebut. Tetapi, saat diangkat ternyata sulit sekali dan terasa berat, “ terangnya.

Mbah Paini pun saat itu meminta bantuan 2 anaknya untuk mengangkat ubi tersebut. Meski dibantu oleh tenaga anak muda, namun tetap saja ubi itu sulit diangkat. Mereka pun semakin penasaran dan akhirnya menggunakan cangkul untuk meraih ubi itu dari dalam tanah.

Setelah dicangkul, kata Mbah Paini, dirinya beserta 2 anaknya terkaget-kaget ketika melihat ubi yang sulit diangkat itu ternyata besar sekali. “Saat ditimbang ubi ini beratnya hingga 6 kg,” ujar Mbah Paini.

Meski bentuknya besar, namun Mbah Paini tidak akan mengolah ubi tersebut untuk dimasak. Dia mengatakan, ubi langka itu akan disimpan di rumahnya sebagai kenang-kenangan untuk mengingat mendiang suaminya.

Menurut Ny. Uyek (64), tetangga Mbah Paini, bobot ubi seberat 6 kg sangat langka sekali. “ Biasanya ukuran ubi paling besar seukuran tangan orang dewasa. Saya pun bari kali ini melihat ubi sebesar ini,” katanya. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!