Warga Sukasirna Ciamis MCK di ‘Susukan’

01/03/2014 0 Comments
Warga Sukasirna Ciamis MCK di ‘Susukan’

Photo : Ilustrasi/ Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebagian masyarakat di Dusun Sukasirna, Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sampai saat ini masih memanfaatkan air dari susukan (semacam selokan) untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK).

Pasalnya, hal itu terpaksa dilakukan karena secara geografis dusun tersebut berada di dataran tinggi. Sedangkan pasokan air ledeng yang ada di wilayah itu kurang begitu memadai.

Riyanti (20), warga setempat, Sabtu (01/3/2014), membenarkan hal itu. Menurut dia, selama ini kegiatan MCK memang masih menggunakan air dari susukan. Bahkan tidak jarang, ketika membutuhkan air bersih untuk konsumsi, masyarakat terpaksa membelinya.

“Kalaupun air ledeng mengalir, pasti ngilicir (sedikit),” ungkapnya.

Apalagi ketika kemarau, kata Yanti, warga sering kesulitan mendapat air bersih. Selain air ledeng kosong, air di susukan pun tidak tersedia. Namun begitu, karena sudah sering dialami, warga sepertinya sudah terbiasa dengan kondisi ini.

Sependapat dengan itu, Very, warga lainnya, berharap, Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan bantuan sarana dan prasarana untuk memasok kebutuhan air bagi warga Sukasirna. (Deni/R4/HR-Online)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply