11 Pokdakan di Banjar Terima Bantuan DAK Perikanan

11 Pokdakan di Banjar Terima Bantuan DAK Perikanan

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 11 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kota Banjar akan menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang perikanan tahun 2014, yang digulirkan Pemerintah Pusat melalui Program Pengembangan Budidaya Perikanan Dinas Pertanian (Distan) Kota Banjar.

Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Distan Kota Banjar, Ir. Ngadimin, mengatakan, 11 Pokdakan itu merupakan kelompok yang dinyatakan telah lolos verifikasi sehingga layak untuk dibantu.

“Berdasarkan proposal yang masuk di tahun 2013, jumlahnya itu ada tujuh belas proposal dari tujuh belas kelompok. Tapi yang layak dibantu hanya ada sebelas kelompok. Itu hasil verifikasi,” kata Ngadimin, ketika ditemui HR di ruang kerjanya, pekan lalu.

Jumlah 11 kelompok yang akan menerima bantuan tersebut tersebar di empat kecamatan, antara lain dua kelompok di wilayah Kecamatan Banjar, satu kelompok di Purwaharja, tiga kelompok di Pataruman dan lima kelompok di wilayah Kecamatan Langensari.

Perbedaan jumlah penerima bantuan di setiap kecamatan karena pihaknya melihat berdasarkan potensi yang ada di masing-masing wilayah tersebut. Dengan begitu, bantuan yang akan diberikan pemerintah bisa tepat sasaran.

Lebih lanjut Ngadimin menyebutkan, bahwa dalam program pengembangan budidaya ikan tahun anggaran 2014 ini, bentuk kegiatannya yakni pengembangan bibit ikan unggul di masyarakat.

Sedangkan bantuan yang diberikan berupa sarana prasarana untuk pembenihan ikan air tawar, khususnya jenis ikan gurame dan lele. Masing-masing kelompok akan mendapatkan bantuan sarana berupa enam buah bak, diantaranya bak untuk pemijahan dan pendederan.

“Untuk pengerjaan fisiknya akan dilaksanakan sekitar bulan Mei mendatang. Selain bak pemijahan dan pendederan, setiap kelompok juga akan diberi bantuan berupa peralatan, diantaranya pompa air, terpal dan tabung oksigen. DAK bidang perikanan tahun ini jumlahnya sebesar 1,2 miliar,” ujarnya.

Ngadimin menambahkan, pihaknya berharap semua kelompok dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan pemerintah dengan sebaik mungkin untuk kemajuan dan keuntungan bagi kelompok itu sendiri. “Diharapkan Kota Banjar kedepannya disamping menjual benih, juga bisa menghasilkan ikan konsumsi,” pungkasnya. (Eva/R3/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles