43 Siswa Paket C di Ciamis Tidak Ikut Ujian Nasional

43 Siswa Paket C di Ciamis Tidak Ikut Ujian Nasional

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2014 di Kabupaten Ciamis berjalan lancar. Meski ada sebagian siswa dari Paket C tidak hadir dalam pelaksanan ujian tersebut. Dari 278 peserta UN Paket C, 43 orang diantaranya tidak hadir.  

Menurut Pengawas UN dari Universitas Galuh Ciamis, Azis Basari, ketika ditemui HR di SMPN 4 Ciamis, Selasa (14/4/2014), menyebutkan bahwa pelaksanaan UN di hari kedua berjalan sesuai aturan.

“Semua siswa Paket C bisa melaksanakan ujian dengan tertib, sehingga mereka dapat mengikuti UN dengan baik. Meski demikian, kami dari tim pengawas berusaha supaya pelaksanaan UN berjalan sesuai aturan. Juga tidak ditemukan kecuranagan apapun baik oleh peserta maupun panitia,” ungkapnya.

Azis menuturkan, dengan banyaknya pemberitaan mengenai bocoran lembar jawaban UN sekarang, sampai saat ini di Ciamis tidak ditemukan hal tersebut. Bahkan siswa yang mengikuti sama sekali murni melaksanakan ujian.

“Kami (pengawas UN) mengharapkan pelaksanaan ujian berjalan baik dan semua siswa yang mengikuti ujian bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Meski hasil UN tidak menentukan untuk kelulusan,” jelasnya.

Mengenai persentase dari hasil ujian dan hasil nilai lapor sekolah, Azis menambahkan, itu hanya merupakan perbandingan. Namun begitu, Azis optimis, untuk Kabupaten Ciamis bisa seratus persen kelulusan pada UN sekarang.

Menanggapi ketidakhadiran siswa paket C dalam UN, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis, Hidayat Taupik, menjelaskan, ke 43 siswa yang tidak mengikuti UN sudah menyerahkan surat pemberitahuan dari setiap PKBM.

“Sebelumnya, Disdik menerima laporan dari setiap PKBM, ada sejumlah siswa yang tidak bisa mengikuti UN, diantaranya karena sakit, ada yang melahirkan, serta kesibukan kerja. Namun hal itu tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan UN,” jelasnya.

Menurut Taupik, pelaksanaan UN sekarang sangat jauh berbeda dengan pelaksanaan UN tahun lalu. Siswa bisa dengan aman melaksanakan UN, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. (es/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles