Agun: Panwaslu Ciamis Harus Tegas Tindak Money Politik

07/04/2014 0 Comments
Agun: Panwaslu Ciamis Harus Tegas Tindak Money Politik

Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua Pemenangan Pemilu Partai Golkar Dapil Jabar X, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si, mengaku prihatin dengan banyaknya kasus money politik atau politik uang yang terjadi di Kabupaten Ciamis pada Pemilu Legislatif kali ini. Dia meminta Panwaslu lebih tegas dan cermat bekerja dalam menindak setiap pelanggaran yang terjadi di lapangan.

“Penegakan sanksi terhadap praktik money politik ini seharusnya tidak hanya terbatas kepada Caleg dan tim sukses yang tercatat di KPUD saja. Tetapi, orang lain atau siapapun dia yang melakukan money politik dan bertujuan mempengaruhi calon pemilih untuk kepentingan Caleg tertentu, Panwaslu harus berani menindak dan memproses secara pidana,” tegasnya, kepada HR, akhir pekan lalu.

Agun pun mempertanyakan Panwaslu yang seolah tutup mata akan praktik ini. Dia menegaskan, Panwaslu berdalih bahwa oknum yang menyebarkan uang bukan bagian dari tim sukses. [Baca: Di Jabar, Kasus Money Politik Terbanyak di Ciamis]

“Saya tegaskan lagi, jika ada yang melaporkan dan sudah ada orang yang siap bersaksi, siapapun oknumnya, mau tim sukses ataupun bukan, Panwaslu harus menindak dan mempidanakan orang yang melakukan praktik politik uang tersebut,” tegasnya.

Agun pun menandaskan, seharusnya Caleg yang berulang- ulang dilaporkan dan ada bukti- bukti yang menunjukan bahwa Caleg atau tim suksesnya diduga melakukan money politik, seharusnya dimintai keterangan oleh Panwaslu sebelum disimpulkan.

“Caleg yang bersangkutan seharusnya dipanggil untuk dimintai klarifikasi. Di Ciamis ini, sejumlah laporan money politik kerap tertuju pada salah satu Caleg yang sama. Barang bukti berupa formulir KTA, undangan serta berikut uang yang terindikasi money politik, itu semuanya ada. Saya pun sudah mendapatkan bukti-bukti itu, termasuk KTA-nya,” terangnya. (DSW/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply