Akibat Percikan Api, Mesin Pengolah Aspal di Ciamis Terbakar

Akibat Percikan Api, Mesin Pengolah Aspal di Ciamis Terbakar

Bangunan penyimpan mesin pengolah aspal tampak terbakar, setelah percikan api dari dalam mesin menyambar minyak tanah hingga terjadi kebakaran, di di Dusun Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, terbakar, Rabu (23/04/2014). Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Entah apa sebabnya, mesin pengolah aspal (Priedmild) milik Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat, yang berada di Jalan Ciamis-Tasikmalaya, tepatnya di Dusun Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, terbakar, Rabu (23/04/2014), sekitar pukul 16.15 WIB.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Hanya, mesin pengolah aspal yang terbakar itu tampak gosong dan bangunan tempat penyimpanan mesin nyaris ambruk akibat kebakaran ini.

Petugas Pelaksana Dinas PU Jabar, Hari Jurianto mengatakan, kejadian kebakaran ini berawal ketika mesin pengolahan aspal tengah dioprasikan. Ketika mesin tengah mengolah aspal, tiba-tiba api semawar yang berada didalam mesin memercik keluar. Percikan api itu pun menyambar minyak tanah yang berceceran di sekitar mesin.

Tak anyal, percikan api itu jadi membesar dan merembet mengikuti alur tumpahan minyak tanah. “Dengan seketika api cepat membesar, hingga melalap benda apa saja yang ada di sekitanya” katanya.

Hari menambahkan, setelah melihat api yang membakar mesin pengolahan aspal, karyawan yang ada di lokasi langsung memadamkan api dengan alat seadanya. “Kami pun langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran,” ucapanya.

Namun, sebelum mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi, tampaknya kobaran api sudah dapat diatasi oleh kerja keras sejumlah karyawan PU. Dua mobil damkar yang datang ke lokasi pun, akihirnya tidak digunakan.

“Selain disiram air, kami pun menggunakan pasir untuk memadamkan kobaran api. Alhamdulilah api bisa dipadamkan dengan cepat,” pungkas Hari. (Her/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles