Awal Tahun 2014, 12 Warga Ciamis Diduga Terjangkit HIV

Awal Tahun 2014, 12 Warga Ciamis Diduga Terjangkit HIV

Photo Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Selama tahun 2014, Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kabupaten Ciamis mencatat sedikitnya 12 orang yang diduga mengidap HIV. KPAD rencananya akan mendalami dugaan tersebut untuk mengetahui apakah ke 12 orang itu sudah terjangkit AIDS atau belum.

Sekretaris KPAD Ciamis, Drs. H. Akasah, MBA, Selasa (1/4/2014), mengatakan, dari data awal tahun 2014, paling banyak ditemukan di bulan Maret. Angkanya mencapai 10 orang. Ke 10 orang itu kemungkinan terkena HIV. Sedangkan dua orang lainnya, tercatat pada bulan Februari.

Menurut Akasah, KPAD mendapati hal itu dari laporan Puskesmas, Rumah Sakit dan ada yang berinisiatif atas dasar keinginan sendiri memeriksakan dirinya. Kedua belas orang itu antara lain 5 warga binaan Lapas Ciamis, 2 orang warga Kecamatan Ciamis, 2 orang warga Sukadana, 1 warga Panjalu 1, 1 warga Panumbangan dan 1 warga Cijeunjing. Totalnya,  9 orang laki-laki dan 3 orang perempuan.

”Ke 12 orang itu terdeteksi setelah terjaring oleh alat VCT Concelling test,” ujarnya.

Lebih lanjut, Akasah mengungkapkan, penemuan itu tidak terlepas dari Gerakan kegiatan yang dilakukan oleh Dinkes, KPA dan LSM, ditambah dengan kesadaran dari masyarakat untuk memeriksakan diri.

”Kami merasa kinerja KPA, Dinkes dan LSM sangat tepat sasaran. Bahkan kami berharap juga adanya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri,” tuturnya. (DSW/R3/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles