Cabai Rawit di Ciamis Tembus Rp. 35 Ribu per Kg

Cabai Rawit di Ciamis Tembus Rp. 35 Ribu per Kg

Harga Cabai rawit di pasaran merangkak naik. Seorang pedagang cabai di Pasar Ciamis. Photo: Dian Sholeh/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Beberapa pekan terakhir ini harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan yang signifikan. Di Pasar Manis Ciamis, harga cabai rawit menembus angka Rp 35 ribu perkilogram.

Ade (32), pedagang sembako, ketika ditemui HR, Senin (14/4/2014), mengatakan, harga cabai di pasar mengalami kenaikan antara Rp 10 sampai 15 ribu perkilogram. Padahal sebelumnya harga cabai rawit hanya Rp. 25 ribu perkilogram.

Menurut Ade, meski harga cabai rawit naik, namun daya beli masyarakat tidak menunujukkan penurunan yang tajam. Dia mengira, kenaikan harga cabai rawit ditengarai akibat cuaca buruk, sehingga membuat produksi cabai mengalami penurunan. Dan hal inilah yang memaksa harga cabai merangkak naik.

”Kami berharap masyarakat, khususnya pembeli, mengetahui kenaikan harga cabai yang sudah terjadi di sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Ciamis saat ini. Mudah-mudahan mengerti kondisi ini,” ujarnya.

Dengan naiknya harga cabai rawit, imbuh Ade, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi secepatnya melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar. Sebab dikhawatirkan, momen kenaikan harga ini dimanfaatkan para spekulan, dan berdampak terhadap pedagang.

Asep (32), pedagang gorengan di bilangan terminal Ciamis, mengeluhkan naiknya harga cabai rawit. Menurut dia, kenaikan caba rawit itu sanbat berpengaruh terhadap pendapatannya sehari-hari.

Soalnya, kata Asep, agar jual gorengannya lebih laku, dia harus menyediakan cabai rawit. Karena kalau cabai rawit tidak tersedia, biasanya pembeli mengeluh. ”Saya berharap kondisi ini secepatnya membaik,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles