Di Ciamis, CCTV Dipasang Buat Ketahui Kejujuran Siswa

Di Ciamis, CCTV Dipasang Buat Ketahui Kejujuran Siswa

Photo : Ilustrasi/ Net

Ciamis, (harapanrakyat.com).-

Pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) kali ini, selain diawasi tim pengawas independen, SMAN 1 Sindangkasih, Kabupaten Ciamis memasang kamera pengintai (CCTV) di setiap sudut ruangan.  

Kepala SMAN 1 Sindangkasih, Agus S Anwar, Selasa (15/4/2014), mengatakan, pemasangan CCTV tersebut bertujuan untuk mengawasi pelaksanaan UN. ”Kami memasangnya di setiap ruangan, untuk memperkecil kecurangan siswa,” ujarnya.

Dari sisi positif, Agus mengaku ingin mengetahui sejauhmana tingkat kejujuran para siswa dalam mengikuti UN. 14 ruangan yang digunakan untuk kegiatan UN dipasangi CCTV, dua lainnya di luar ruangan.

”Kamera pengintai ini bukan hanya digunakan ketika UN saja, tapi juga digunakan dalam keseharian proses kegiatan belajar mengajar. Kamera ini bisa dipantau langsung dari ruangan kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha dan pos satpam,” tuturnya.

Kedepan, kata Agus, pihaknya akan berupaya merancang agar rekaman CCTV bisa dilihat dari android. Hal itu untuk mempermudah para guru memantau keadaan seluruh ruangan yang ada.

Diakui Agus, pemasangan kamera pengintai atau CCTV ada dalam petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis bantuan operasional sekolah (BOS). Sedangkan penerapan untuk mengawasi pelaksanaan UN hanya sebatas inisiatif sekolah.

”Kami berharap ini bisa meningkatkan mutu pendidikan dan rasa kejujuran bisa tertanam pada siswa. Kami juga berharap, ujian tahun 2013/2014 khususnya di SMAN 1 Sindangkasih  bisa lulus seratus persen,” Pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles