Hari Kartini, SDN 1 Ciakar Gelar Lomba Busana

Hari Kartini, SDN 1 Ciakar Gelar Lomba Busana

Oca Tria Rahmawti, peserta lomba dari Kelas IV terlihat lenggak-lenggok bergaya di hadapan para juri. Photo : Eji Darsono/ HR

Cipaku, (harapanrakyat.com),-

Memperingati Hari Kartini tahun 2014 kali ini, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Ciakar Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menggelar lomba busana kebaya, Senin (21/4/2014). Lomba itu sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan serta pelopor kebangkitan perempuan. 

Hj. Enah, SPd., panitia penyelenggara lomba, mengatakan, peserta lomba diikuti oleh siswi kelas tiga sampai kelas enam. lomba busana ditujukan untuk memperbaiki cara siswa dalam berpakaian.

“Dalam lomba tersebut, peserta diwajibkan untuk berpakaian, mengenakan kebaya sopan, bersih, rapih serta ada keserasian sebagai aspek yang akan dinilai,” katanya.

Yaya Mahyawati, SPd, seoerang guru, mengatakan, setiap peringatan Hari Kartini, SDN 1 Ciakar mewajibkan para siswa untuk memakai pakaian adat. Selain itu, peringatan itu juga diisi dengan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan kewanitaan.

Menurut Yaya, digelarnya kegiatan lomba busana pada peringatan Hari Kartini, membuktikan dan memperlihatkan kalau kaum perempuan itu tidak lemah. Namun dengan tidak melepas kodratnya, memiliki kekuatan untuk melebihi kaum pria.

Kepala SDN 1 Ciakar, Tatang Kusdiana, S.Pd,M.Pd., mengatakan, kemajuan suatu bangsa tergantung pada kualitas perempuan. Melalui Peringatan Hari Kartini kali ini, dia berharap ada Kartini-Kartini baru yang dapat melegenda.

Terkait kegiatan lomba busana di sekolahnya, Tatang menambahkan, upaya tersebut untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada diri para siswa. (Dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles