Hitung Suara & Kursi DPRD Kota Banjar

Hitung Suara & Kursi DPRD Kota Banjar

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Setelah rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara partai politik peserta Pemilu 2014, dan perolehan suara calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Banjar pada Minggu, 20 April 2014 lalu, terjadi kejutan politik dengan bertambahnya suara dan kursi beberapa partai tengah untuk DPRD tingkat kota.

Hasil hitung cepat perolehan suara tingkat nasional yang pada edisi lalu telah HR urai, tidaklah jauh berbeda dengan perolehan suara di kota Banjar. Perbedaannya, partai petahana yaitu partai Golongan Karya (Golkar) masih berdiri kokoh menjadi jawara pemenang Pemilu berturut-turut selama dua periode. Di posisi kedua berhasil direbut PDI P, dan posisi ketiga diraih partai Gerindra.

Perolehan dan Persebaran Kursi Pemilu 2014 Dapil 1 Banjar – Purwaharja

suara kursi dapil 1 copy

Meski raihan suara Golkar turun dan bakal tergerus dua kursi, namun, partai Beringin pimpinan Dr. dr. H. Herman Sutrisno MM., masih memimpin dalam raihan suara dan kursi di DPRD kota Banjar. Sebanyak 25.994 suara masih bernaung dibawah rindangnya pohon beringin yang dihasilkan dari tiga daerah pemilihan (dapil).

Perolehan dan Persebaran Kursi Pemilu 2014 Dapil 2 Pataruman

suara kursi dapil 2 copy

Perolehan suara Golkar di Dapil 1 (Banjar-Purwaharja) masih unggul meyakinkan meninggalkan partai lainnya, dengan raihan suara mencapai 11.709. Meski begitu, Golkar diyakinkan mampu merebut 2 kursi murni dan 1 kursi dari hasil sisa suara. Dari Dapil 1 ini, raihan kursi Golkar sebanyak 3 kursi, turun 1 kursi dari periode sebelumnya yang berhasil memperoleh 4 kursi.

Perolehan dan Persebaran Kursi Pemilu 2014 Dapil 3 Langensari

suara kursi dapil 3 copy

Sementara itu, PDI P sebagai peringkat kedua dalam raihan suara dan kursi, berhasil memperoleh suara sebanyak 18.390. Dan Gerindra di posisi ketiga berhasil meraih suara sebanyak 12.111. (lebih jelas lihat tabel 1)

Untuk di Dapil 1, PDI P  mendapat 8.742 suara, dan diyakini mampu merebut satu kursi murni dan satu kursi dari sisa suara. Sementara Gerindra hanya mampu meraih satu kursi dengan perolehan suara sebanyak 5.169. (lebih jelas lihat tabel 2)

Perolehan suara dan kursi di Dapil 2 Pataruman, terjadi persaingan sengit diantara ketiga partai tersebut. Golkar yang berhasil meraih suara 8.619, diyakini bakal meraih 2 kursi. Sementara PDI P di posisi kedua berhasil mendulang suara 5.624, dan memperoleh 1 kursi. Menguntit ketat dibelakang, Gerindra mampu meraup suara 4.639, dan berhasil memperoleh 1 kursi. (lebih jelas lihat tabel 3)

Dapil 3 Langensari rupanya menjadi zona pertempuran sengit seluruh kontestan Pemilu 2014, dimana kouta tujuh kursi yang ada, tak satupun partai mampu meraih lebih dari satu kursi.

Peta perolehan suara di Dapil 3 pun berubah tak seperti di dua dapil sebelumnya. Partai Golkar tetap unggul dengan memperoleh suara sebanyak 5.666, dan hanya mampu meraih 1 kursi.

Di Dapil 3 ini berdasarkan perolehan suara yang ada, partai islam yang belum mendapatkan kursi di dua dapil sebelumnya, di Dapil 3 ini mampu mendapatkan jatah kursi.

Peraih suara terbanyak di posisi kedua di Dapil 3, berhasil direbut PKB dengan memperoleh suara sebanyak 4.047, dan memperoleh 1 kursi.

PDI P mantap di posisi ketiga dengan raihan suara sebanyak 4.024, dengan perolehan 1 kursi. Di posisi keempat kembali diraih partai berbasis islam, PAN berhasil meraih suara sebanyak 2.999, dan memperoleh 1 kursi.

Di posisi kelima, PPP menguntit ketat dengan memperoleh suara sebanyak 2.840, dan memperoleh 1 kursi. Kejutan pun terjadi di posisi keenam yang berhasil diraih partai Hanura dengan mendulang suara sebanyak 2.626, dan memperoleh 1 kursi.

Posisi ketujuh, Gerindra kembali mampu meraih suara sebanyak 2.303, dan berhasil mengamankan jatah kursi terakhir di Dapil 3 Langensari. (lebih jelas lihat tabel 4).

Dengan demikian, partai politik peserta Pemilu 2014 yang mampu menembus kursi legislatif, DPRD kota Banjar untuk periode 2014-2019 ada sebanyak 9 partai politik. Urutannya sebagai berikut; 1. Partai Golkar meraih 6 kursi, 2. PDI P meraih 4 kursi, 3. Gerindra meraih 3 kursi, 4. Demokrat meraih 2 kursi, 5. PAN dengan 3 kursi, 6. PKS dengan 2 kursi, 7. PPP dengan 2 kursi, 8. PKB dengan 1 kursi, 9. Hanura dengan 2 kursi.

Berdasarkan rekapitulasi suara KPUD kota Banjar, ke 25 kursi yang kini telah kembali terisi berdasarkan perolehan suara, maka HR mencermati perolehan suara masing-masing calon anggota legislatif (caleg) dari 9 partai yang berhasil merebut jatah kursi DPRD kota Banjar.

Sejumlah nama caleg diyakini lolos menjadi anggota DPRD kota Banjar untuk periode 2014-2019, berikut nama partai dan caleg yang lolos; 1. Partai Golkar; Drs. Dadang R Kalyubi, M.Si., Ir. Soedrajat., Ir. H. Sudarsono., Oman Ismail Marzuki, S.IP., Ajat Sudrajat, S.IP dan Sutopo. 2. PDI P; Nana Suryana., Anwar Hartono., Asep Hidayat, B.BA., dan Sukiman. 3. Partai Gerindra; H. Herdiana Pamungkas., Jojo Juarno., dan Sutarno.

Keempat Partai Demokrat; Budi Sutrisno, SE., Drs. Anwar Karim, M.Si., 5. PAN; Bambang Prayogi., Siti Julaeha, S.IP., Huneshermawan., 6. PKS; Nasir Muhamad, S.Pd.I., Budi Kusmono, SE., 7. PPP; Drs. Rosidin, M. Pd.I., H. Mujamil., 8. PKB; Gungun Gunawan., 9. Hanura; Ferdinand Siringo Ringo, S.IP., Hendri Purnomo. (SBH/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles