Jembatan Gantung Padasuka di Cipaku Ciamis Mengkhawatirkan

Jembatan Gantung Padasuka di Cipaku Ciamis Mengkhawatirkan

Jembatan gantung pengubung antar desa di Kecamatan Cipaku ini hanya bisa dilewati  roda dua. Saat ini jembatan itu kondisinya sudah rusak. Photo : Eji Darsono/ HR

Cipaku, (harapanrakyat.com),-

Jembatan gantung di Dusun Padasuka Desa Mekarsari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis kondisinya mengkhawatirkan. Warga berharap, jembatan yang menghubungkan wilayah Cipaku dan Kecamatan Baregbeg itu segera dibangun secara permanen.

Karsan (70), warga Dusun Karangampel RT 01 RW 05, Minggu (6/4/2014), mengatakan, jembatan gantung yang berada di atas sungai Cimuntur dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua itu, merupakan penghubung antar desa dan kecamatan.

Menurut Karsan, seandainya jembatan itu dibangun secara permanen, maka perekonomian warga di kedua wilayah bakal terbuka dan berkembang. Selain itu, juga dapat meringankan  beban anak sekolah  dari kedua wilayah, sebab jarak tempuh menuju sekolah menjadi lebih dekat.

Ahyar (52), warga Dusun Panyingkiran, RT 07 RW 01, Desa  Muktisari, Cipaku, menambahkan, potensi kedua wilayah bisa lebih berkembang, dan kesejahteraan warga juga akan meningkat, bila jembatan itu bisa dilewati kendaraan roda empat.

Maman, warga Dusun Padasuka, mengungkapkan, banyak kendaraan roda dua terperosok dan jatuh akibat kondisi jembatan yang rusak itu. Bukan hanya itu, karena tidak bisa dilalui roda empat, angkutan terpaksa memutar arah dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Kadus Padasuka, Mekarsari, Asep Sukron, mengaku sudah berulangkali mengusulkan pembangunan jembatan kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis. Bahkan, agenda itu sudha berulangkali dibahas saat menggelar musyawarah pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan.

“Tapi sayangnya sampai saat ini belum terealisasi,” pungkasnya. (dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles