Kesejahteraan Petugas Linmas di Ciamis Belum Diperhatikan

Kesejahteraan Petugas Linmas di Ciamis Belum Diperhatikan

Photo : Ilustrasi/ Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Petugas Linmas (Perlindungan Masyarakat) atau dulu yang lebih dikenal Hansip, memiliki peranan yang sangat penting di masyarakat. Namun sampai saat ini kesejahteraan Linmas masih memperihatinkan.

Linmas mempunyai tugas yang terbilang berat, akan tetapi tidak ditunjang dengan honor yang sesuai. Bahkan sebagian tidak mendapat honor sama sekali. Biasanya mendapatkan honornya dari momen ketika ada hajatan.

Udju Phantau, salah satu Anggota Linmas dari Dusun Saguling Kolot, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, ketika ditemui HR, Senin (21/4/2014), mengaku dirinya sudah bertugas menjadi Linmas selama 17 tahun. Selama itu dia tidak  mendapatkan honor bulanan baik dari pemerintahan desa ataupun kabupaten.

”Saya hanya mendapatkan honor perbulan hanya dari RW. Itupun hanya 10 ribu perbulan,  dari swadaya masyarakat. Paling yang lainnya ketika mendapatkan honor dalam acara-acara tertentu seperti hajatan dan ketika pemilu,” ujarnya.

Memang, kata Udju, sebetulnya sedikit beruntung ketika ada momen hajatan atau acara pernikahan, dimana tenaga Linmas dipergunakan dari mulai pengamanan hingga mengatur arus lalu lintas.

Udju berharap, kedepan pemerintah bisa lebih memperhatikan kesejahteraan Linmas, minimal seperti staf di desa. ”Kalau kita lihat sekarang, anggota Linmas mayoritas hanya dari kalangan tua,” tuturnya.

Sementara itu Kabid Linmas Sat Pol PP Ciamis, Aris, mengakui, sampai saat ini perhatian pemerintah terutama untuk anggota Linmas masih terhitung sangat rendah, bahkan tidak ada honor.

”Kami akui sampai saat ini belum bisa memberikan kesejahteraan yang dianggap layak pada anggota Linmas. Dan kedepan kami akan coba perhatikan,” paparnya.

Menurutnya, terkait kesejahteraan Linmas pihaknya usulkan kepada pemerintahan Kabupaten Ciamis. ”Hal itu sudah saya ajukan, tinggal menungu realisasinya,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

 

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles