Kolam Pemandian Cipanas di Banjarsari Tak Terawat

Kolam Pemandian Cipanas di Banjarsari Tak Terawat

Kolam Pemandian Cipnas di Cikupa Banjarsari, kondisinya memprihatinkan. Photo : Andri/ HR

Banjarsari, (harapanrakyat.com),-

Kolam Pemandian Cipanas yang beralamat di RT 013 RW 03, Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, kondisinya memprihatinkan. Padahal, kolam yang diresmikan Bupati Ciamis H. Engkon Komara tahun 2009 itu merupakan obyek wisata yang sangat berharga.

Lokasinya berada di kaki Gunung Geger Bintang. Sumber air kolam pemandian itu sendiri berasal dari gunung tersebut. Kolam ini pernah menjadi tujuan wisata warga. Namun sejak kurang mendapat perawatan, pengunjungpun jarang datang.

Menurut cerita salah seorang penggagas Wisata Kolam Pemandian Cipanas, Kimin Cemrang (70), atau lebih dikenal Abah Cemrang, kolam pemandian tersebut sempat menyedot banyak pengunjung.

Abah Cemrang mengaku sangat prihatin jika melihat kondisi kolam pemandian Cipanas yang pernah digagasnya itu. Padahal kata dia, seandainya dikelola dengan baik, objek wisata tersebut bisa menghasilkan rupiah.

“Sayangnya, kolam pemandian ini hanya bertahan dua tahun,” ucapnya.

Muhidin (73), warga setempat, juga menyayangkan kondisi kolam pemandian tersebut. Menurut dia, fasilitas kolam dan penunjang objek lainnya kini sudah tidak terawat. Bahkan sebagian besar mengalami kerusakan.

Kepala Desa Cikupa, Endi, ketika dikonfirmasi HR, mengakui objek wisata yang pernah akan dijadikan sebagai sumber pendapatan desa itu hanya menyisakan kenangan dan harapan. Selain soal fasilitas, kata dia, akses jalan menuju kawasan tersebut juga kondisinya rusak.

“Sehingga membuat pengunjung enggan untuk pergi ke kawasan ini (pemandian cipanas),” katanya. (Andri/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles