Kondisi Jembatan Peninggalan Belanda di Ciamis Mengkhawatirkan

Kondisi Jembatan Peninggalan Belanda di Ciamis Mengkhawatirkan

Seorang pengedara sepeda motor tengah melintas di Jembatan Tonjong yang kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Photo : Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jembatan Tonjong peninggalan jaman Belanda yang menghubungkan Desa Gegempalan Kecamatan Cikoneng dan Desa Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Saat ini kondisi jembatan terkesan tidak diperhatikan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Temboknya jembatan sudah banyak terkelupas, serta di sisi kanan-kirinya tempelan lumut tebal dan di bawah ujung jembatan, tanah dekat pondasinya longsor. Belum lagi ilalang tinggi di sekitarnya, sehingga benar-benar jembatan tersebut merana.

Melihat kondisi tersebut, tentunya sangat disayangkan. Padahal jembatan itu merupakan saksi sejarah yang harus dilestarikan untuk bekal pengetahuan bagi para generasi muda-mudi Ciamis sekarang.

Andri, warga Ciams, Senin (31/3/2014), mengatakan, jembatan tonjong memang berada di daerah terpencil. Namun, kalau saja Belanda tidak punya kepentingan, tidak mungkin membangun jembatan di tempat tersebut.

“Saya kira di daerah sini terdapat tempat yang dianggap penting oleh Belanda, sehingga mereka membangun jembatan disini,” ungkapnya. (Her/R3/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles