Pemilu Ulang di Lakbok Ciamis Tampak Sepi Pemilih

Pemilu Ulang di Lakbok Ciamis Tampak Sepi Pemilih

Suasana pemungutan suara ulang di TPS 5 di Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Minggu (13/04/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat tertukar surat suara untuk Caleg DPRD kabupaten di dua TPS yaitu TPS 5 dan 6 di Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, sedikitnya 750 warga setempat harus kembali ke TPS untuk melakukan pemungutan suara ulang, Minggu (13/04/2014). Dengan dijaga ketat oleh ratusan aparat kepolisian dan TNI, pencoblosan ulang di dua TPS itu berjalan lancar dan kondusif.

Namun, dari pantauan HR di lokasi TPS, pencoblosan ulang di 2 TPS tersebut tampak sepi. Hal itu berbeda dengan kondisi pada 9 April lalu, dimana hampir 90% warga setempat datang ke TPS untuk melakukan pemungutan suara. Dengan begitu, partisipasi warga setempat diprediksi menurun saat melakukan pemungutan suara ulang untuk Caleg DPRD kabupaten.

Menurut Rohayati, Ketua KPPS 5 Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok, pencoblosan ulang ini bisa terjadi diakibatkan dari tertukarnya surat suara untuk Caleg DPRD kabupaten. Surat suara yang diterima oleh TPS tersebut, ternyata surat suara untuk Caleg kabupaten Dapil I Ciamis.

“Ketika kami menerima surat suara yang tertukar ini, kami langsung melapor ke PPS dan PPK Kecamatan Lakbok. Setelah PPK melakukan konsultasi dengan KPUD Ciamis, akhirnya diputuskan untuk pemungatan suara Caleg kabupaten ditunda, “ ujarnya.

Meski demikian, lanjut Rohayati, pemungutan suara untuk Caleg DPR RI dan Provinsi sudah digelar pada 9 April lalu. “ Untuk surat suara Caleg DPR RI dan Provinsi tidak ada masalah. Makanya pada saat pelaksanaan 9 April kemarin kita laksanakan,” pungkasnya. (Ntang/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles