Terkait Ancaman Tsunami, Warga Pangandaran Diminta Waspada

03/04/2014 0 Comments
Terkait Ancaman Tsunami, Warga Pangandaran Diminta Waspada

Foto: Ilustrasi

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Daerah Badan Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran Dadan Sugistha menghimbau agar masyarakat Kabupaten Pangandaran, khususnya yang berada di kawasan pantai untuk selalu waspada menyusul ancaman potensi tsunami yang melanda pantai di Pulau Jawa dampak dari gempa yang terjadi di Chili, Rabu (02/04/2014) malam tadi.

“Berdasarkan faxsimile yang telah diterima dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BMKG terkait potensi terjadi bencana tsunami di 19 Provinsi dan 115 Kabupaten/Kota di Indonesia, diantaranya Jawa Barat, masyarakat dihimbau untuk waspada,” kata Dadan, kepada HR, Rabu (02/04/2014).

Menurut Dadan, apabila wilayah pesisir pantai Kabupaten Pangandaran terkena dampak tsunami, diperkirakan akan terjadi sekitar pukul 08:17:33 Kamis (03/04/2014). “ Kami sudah menindaklanjuti surat edaran ini dengan memberitahukan status waspada ke 6 Kecamatan di Kabupaten Pangandaran,” ujarnya.

Dadan menambahkan, 6 kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Pangandaran, Cimerak, Cijulang, Parigi, Sidamulih, dan Kalipucang, dan meminta pihak kecamatan yang dibantu pemerintah desa untuk menginformasikan kabar tersebut kepada warga.

Namun demikian, Dadan menghimbau warga agar tidak panik. Dan situasi saat ini untuk wilayah Pangandaran dalam kondisi waspada level peringatan dini 1. “Kami menghimbau kepada warga agar menjauh dari daerah laut dan sungai kurang lebih sekitar 500 meter,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Kasatpolair Polres Ciamis AKP Firman Alamsyah, mengatakan, warga diminta agar tidak panik, namun tetap waspada menghadapi ancaman potensi tsunami.

“Dari pukul 17.00 WIB sampai saat ini (21.00 WIB), kita terus menginformasikan kepada warga yang berada di wilayah pantai Pangandaran agar berhati-hati dan waspada terhadap ancaman dari dampak tsunami yang akan terjadi besok pagi. Himbauan itu kita sosialisasikan dengan berkeliling menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua,” katanya, tadi malam (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply