UPTD Pendidikan Se-Pangandaran Gelar FLS2N

06/04/2014 0 Comments
UPTD Pendidikan Se-Pangandaran Gelar FLS2N

Menganyam, salah satu cabang yang dilombakan dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Foto : Madlani/HR.

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) kini mulai digelar UPTD Pendidikan se-Kabupaten Pangandaran. Sedangkan puncak kegiatan FLS2N di Kabupaten Pangandaran rencananya akan dilaksanakan tanggal 7 April 2014 mendatang.

Kesenian yang dilombakan dalam kegiatan tersebut meliputi lomba menyanyi solo, seni tari tradisional, menganyam, membeatik, melukis, pidato, cipta puisi, pantomim dan cerita bergambar.

Ketua PGRI Kecamatan Padaherang, Rahman Sutarman, S.Pd., Kamis (27/03/2014), mengatakan, pihaknya berharap kepada Forum Konsultasi Guru di Kecamatan Padaherang, dan juga kepada para siswa untuk bisa mengembangkan kegiatan tersebut secara terus-menerus.

“Dari kegiatan ini diharapkan muncul bibit-bibit unggul di Kabupaten Pangandaran yang berasal dari Kecamatan Padaherang,” harap Rahman.

Sementara itu, Pupuhu Seni Tradisional, sekaligus guru kesenian dan kerajinan di salah satu SD Negeri di Padaherang, Asno Sutarno, mengatakan, lomba kreatifitas ini sangat positif karena akan membina dan mendidik siswa untuk terampil membuat karya seni.

“Kreasi seni ini merupakan ciptaan sendiri, seperti tarian petani yang memakai gerakan seperti biasa dilakukan para petani, dan gerakan kearifan lokal sebagai acuannya,” ujar Asno.

Kepala UPTD Dikbudpora Kecamatan Padaherang, H. O Onasih, mengatakan sebagai pembinaan pendidikan tingkat dasar, kebutuhan sarana dan prasarana penunjang alat kesenian sudah ada bantuan untuk tiga SD, yaitu berupa Gitar.

“Untuk di Padaherang sendiri, saya merasa bangga kepada para guru dan kepala sekolah yang sangat antusias mendukung acara ini. Mudah-mudahan bibit-bibit seni tumbuh dan berkembang di Padaherang,” harap Onasih.

Sedangkan, Kasie. Budaya, Pemuda dan Olahraga Dikbudpora Kabupaten Pangandaran, Aceng Hasyim, SPd, MPd., mengatakan, antusias dari tiap UPTD sangat baik, karena lomba seni siswa ini baru pertama kalinya dilakukan, dan tentunya akan berlanjut sampai tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

“Kegiatan ini yang pertama kalinya di Kabupaten Pangandaran, karena sebelumnya menginduk terus ke Ciamis. Dan mulai tahun ini akan berlanjut dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat nasional. Kami berharap prestasi di bidang seni budaya dari Pangandaran ini bisa mencapai hingga ke tingkat nasional,” harap Aceng. (Madlani/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply