Agun: Partai Golkar dan PDIP Sulit Berkoalisi di Pilkada Pangandaran

Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah sukses memenangi Pilkada Ciamis tahun lalu yang mengusung pasangan H. Iing Syam Arifin- Jeje Wiradinata, sejumlah elit politik PDIP, Partai Golkar dan PPP sebagai parpol pengusung dikabarkan sudah sepakat kembali melakukan kerjasama di Pilkada Pangandaran tahun depan.

Namun, kesepakatan itu dipastikan kandas, menyusul Partai Golkar bersikap akan ‘bersebrangan’ dengan PDIP mulai di pemerintahan pusat hingga tingkat desa.

“Seperti diketahui, Partai Golkar dan PDIP di Pilkada Ciamis  tahun lalu bersama-sama menyukseskan pasangan Iing- Jeje. Tapi untuk di Pilkada Pangandaran, tampaknya sulit Partai Golkar dan PDIP kembali berkoalisi,” ujar Fungsionaris DPP Partai Golkar, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si, di Ciamis, Sabtu (19/07/2014).

Menurut Agun, Partai Golkar dengan PDIP sulit berkoalisi menyusul adanya kesepakatan di tingkat pusat. Partai Golkar, lanjut dia, bersama Partai Gerindra, PAN, Partai Demokrat, PPP, PKS dan PBB sudah menandatangi kesepakatan koalisi permanen dalam wadah koalisi Merah Putih.

“Koalisi permanen ini berlaku dari tingkat pusat hingga tingkat desa. Berawal dari koalisi Pilpres, kemudian akan berlanjut di Pilkada Gubernur dan Pilkada Bupati/Walikota di seluruh Indonesia. Koalisi ini pun berlaku hingga 5 tahun ke depan,” terang Anggota DPR RI Fraksi Golkar dari Dapil Ciamis, Banjar, Kuningan dan Pangandaran ini.

Di Pilkada Pangandaran, Agun memastikan Partai Golkar akan merancang koalisi dengan Partai Gerindra, PAN, Partai Demokrat, PPP, PKS dan PBB untuk mengusung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. “ Koalisi ini tidak hanya di eksekutif saja, tetapi di legislatif pun sama diterapkan,” katanya.

Agun menegaskan, seluruh pengurus Partai Golkar mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa harus patuh terhadap kesepakatan tersebut. Apabila ada pengurus Partai Golkar mbelo terhadap kesepakatan tersebut, lanjut dia, DPP pasti akan memberikan sanksi tegas.

Agun juga menipis kabar bahwa Partai Golkar akan berpindah haluan ke poros PDIP apabila pasangan Capres- Cawapres, Jokowi- JK memenangi Pilpres. “Partai Golkar dipastikan akan solid bersama Koalisi Merah Putih, apapun hasil Pilpres nanti. Jadi, tidak benar Partai Golkar akan berpindah haluan,” tegasnya.

Dari informasi yang himpun, saat ini sejumlah elit parpol di Kabupaten Pangandaran sudah mulai melakukan lobi politik guna menjalin kerjasama di Pilkada Bupati Pangandaran yang akan digelar Mei tahun 2015 mendatang.

Dikabarkan elit PDIP dan Partai Golkar Pangandaran saat ini sudah menjalin kesepakatan awal untuk mengusung Jeje Wiradinata- Adang Hadari Sandaan untuk dipaketkan di Pilkada Pangandaran. Kesepakatan itu disebut-sebut sebagai kelanjutan kerjasama yang pernah terjalin baik saat menyukseskan pasangan Iing Syam Arifin- Jeje Wiradinata di Pilkada Ciamis tahun lalu. (Bgj/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA