10 Perangkat Desa di Ciamis Digembleng Susun APBDes

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sedikitnya sepuluh orang perangkat desa dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dikirim untuk untuk mengikuti penggemblengan atau pelatihan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), di Balai Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yogyakarta, yang diselenggarakan Dirjen PMD, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BKBPMPD) Kabupaten Ciamis, melalui Kabid Pemdes, Asep Sutisna, Drs. M.Si.,pekan lalau, membenarkan adanya pelatihan penyusunan APBDes yang digelar mulai tanggal 8 sampai 12 September 2014 lalu.

Menurut Asep, pelatihan penyusunan APBDes angkatan ke III yang dilaksanakan Balai PMD Yogyakarta melalui DIPA tahun 2014 itu, dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dalam pengelolaan keuangan bagi Sekretaris Desa dan Bendahara atau Kaur Keuangan.

Lebih lanjut, Asep mengungkapkan, acara pelatihan tersebut diikuti oleh 30 orang perangkat desa dari Kabupaten Banyumas, Ciamis dan Brebes. Selain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun anggaran, pelatihan itu juga ditujukan untuk menyiapkan desa agar dapat memahami kebijakan pemerintah dalam menyusun anggaran desa.

Kemudian, yang ketiga, pelatihan tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan Aparatur Pemerintah Desa dalam mengerjakan adminisratrasi keuangan berbasis IT (teknologi).

Asep menambahkan, peraturan desa (perdes) tentang APBDes adalah dokumen penting di desa yang harus disusun oleh Pemerintah Desa  setiap tahun anggaran, dan ditetapkan oleh Kepala Desa, setelah mendapat persetujuan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Penyusunan Perdes APBDes sesuai amanah UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, khususnya Pasal 73. Perdes APBDes sifatnya wajib dibuat. Tanpa Perdes APBDes, kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan tidak bisa dilakukan,” tandasnya.

Adapun perangkat desa yang mengikuti pelatihan itu, imbuh Asep, diantaranya, R. Handy S Sunandar, SE, Sekdes Cijulang, Cihaurbeuti, Dede Misbah, Sekdes Imbanagara Raya, Ciamis, Dedi Ruhendi, Sekdes Purwasari, Banjarsari, Endang Koswara, SIP, Sekdes Saguling, Baregbeg.

Selanjutnya, Totong Haris, Sekdes Selacai, Cipaku, Asep Muslih, SP, Bendahara Desa Indragiri, Panawangan, Dedi Wahyu, Bendahara Desa Purwaraja, Rajadesa, Tatang, Kaur Umum Wangunjaya, Cisaga, Candra Purnama, Kaur Pemerintahan Bojingmalang, Cimaragas, dan Erwin Pramudia, Bendahara Desa Kujang, Cikoneng.

“Ketika pulang nanti, kesepuluh perangkat desa itu akan diminta untuk mengajarkan apa yang diperoleh saat pelatihan, kepada perangkat desa lainnya,” pungkasnya. (deni/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA