50 Pekerja PT. Sung Chang Cabang Banjar Periksakan IMS & VCT

24/09/2014
50 Pekerja PT. Sung Chang Cabang Banjar Periksakan IMS & VCT

Para pekerja pabrik terlihat antri saat melakukan pemeriksaan layanan IMS dan VCT. Photo: Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 50 orang karyawan PT. Sung Chang Indonesia Cabang Kota Banjar, secara suka rela melakukan pemeriksaan Infeksi Menular Seksual (IMS) dan VCT dalam kegiatan Promotion Clinic yang digelar Yayasan Mata Hati Kota Banjar, bekerjasama dengan Puskesmas Banjar 2 dan LSM Viaduct.

Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (23/09/2014), sekitar pukul 11.30 WIB, di kawasan pabrik pembuatan rambut palsu/wig milik pengusaha asal Korea itu diapresiasi para pekerja maupun staff dan manager pihak perusahaan tersebut.

Menurut Iwan Hendra, salah seorang Petugas Lapangan (PL) di LSM Viaduct, mengatakan,

kegiatan Promotion Clinic ini untuk memberikan informasi tentang layanan dan penguatan akses layanan kepada masyarakat di wilayah kerja layanan yang tersedia, sekaligus menjadi pusat layanan bagi masyarakat umum, khususnya para pekerja, untuk melakukan pemeriksaan IMS dan VCT di lokasi.

“Sebenarnya untuk memperoleh informasi yang benar dan lengkap, serta memperoleh akses layanan kesehatan dan konseling berkualitas menyangkut kesehatan reproduksi adalah hak setiap manusia, termasuk para pekerja pabrik,” ujarnya.

Pasalnya, persoalan kesehatan seringkali disalahartikan dan dianggap tidak penting dibandingkan persoalan lain. Padahal, kalau bisa melihat substansi persoalannya maka ada harga yang dipertaruhkan dan harus dibayar apabila mengabaikan persoalan ini.

Iwan menambahkan, salah satu cara merealisasikan upaya pencegahan dan penanggulangan permasalahan tersebut yaitu membangun jejaring pelayanan kesehatan (rujukan) IMS, HIV-AIDS,serta membangun kesepakatan untuk layanan rujukan kesehatan bagi para pekerja pabrik di tingkat Puskesmas. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles